BRANDING DAN DESAIN KEMASAN F&B UNTUK PENGUATAN MARKETING PRODUK

Authors

  • Robbi Hendriyanto Universitas Telkom
  • Wardani Muhamad Universitas Telkom
  • Taufan Umbara Universitas Telkom
  • Sri Widaningsih Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.40977

Keywords:

Branding, Desain Kemasan, UMKM, White Label, Pemasaran Digital

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran produk Kelompok Wanita Tani (KWT) 09 Dewi Sri melalui pengembangan logo dan desain kemasan. Branding dan desain kemasan memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing produk UMKM. Logo Dewi Sri Park & Café dirancang dengan mengangkat nilai budaya Sunda sebagai simbol kesuburan dan kesejahteraan. Desain kemasan dalam bentuk pouch white label memberikan fleksibilitas bagi UMKM untuk menyesuaikan branding mereka dengan kebutuhan pasar. Kegiatan ini dilakukan melalui analisis kebutuhan, pengembangan konsep branding, produksi kemasan, serta pelatihan kepada anggota KWT 09. Hasilnya, logo dan desain kemasan yang dihasilkan mampu meningkatkan daya tarik visual produk dan memperluas potensi pasar. Selain itu, konsep white label packaging membuka peluang kolaborasi dengan mitra bisnis. Kegiatan ini diharapkan menjadi solusi efektif bagi UMKM untuk memperkuat identitas merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan bersaing di pasar digital yang semakin kompetitif.

References

Agung, A. A. G., Hendriyanto, R., Hidayat, A. M., Aulia, P., Aziz, F., Trenggana, A. F. Moch., Moeliono, N. N. K., Wijayangka, C., & Widodo, A. (2022). GERAKAN REBRANDING DIGITAL DAN PEMBANGUNAN APLIKASI KELOLA REDESAIN KEMASAN UMKM. Charity, 5(1), 72. https://doi.org/10.25124/charity.v5i1.3917

Budiantoro, H., Anthonio, D. S., Santosa, P. W., Abshar, M., Lapae, K., & Ningsih, H. A. T. (2023). Pelatihan Packaging Product Pada UMKM Desa Mandalamekar, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. PROGRESIF, Vol 3(No. 2), 61–69.

Darmawan, V. E. B. (2022). IMPLEMENTASI DIGITAL BRANDING PADA UMKM BIDANG KULINER DI KOTA MALANG DALAM RANGKA AKSELERASI UMKM GO-DIGITAL. Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Teknologi (JP2T), 3(1), 33. https://doi.org/10.17977/um080v3i12022p33-39

Daud, R. F., Rosyid, D. F., Rachmawati, I., & Khodijah, T. (2024). Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan untuk Meningkatkan Brand Awareness Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM di Kota Cirebon. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(4), 837–845. https://doi.org/10.36312/linov.v9i4.2191

Ferina Nurlaily, Priandhita Sukowidyanti Asmoro, & Edlyn Khurotul Aini. (2021). PELATIHAN TEKNIK FOTO PRODUK MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN VISUAL BRANDING USAHA RINTISAN. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 347–356. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i3.126

Hendrayani, Y., & Manihuruk, H. (2020). REDESAIN KEMASAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARNESS PRODUK UNGGULAN UKM CILODONG BERKARYA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8338

Junivia, J., & I Marwan, R. H. (2024). Redesign Logo Brand dan Kemasan Dodol Garut Picnic Makanan Khas Garut. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 14. https://doi.org/10.47134/dkv.v1i1.2167

Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). PENYULUHAN ARTI PENTINGNYA MERK DAGANG. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 66. https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1350

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Satoto, H. F., & Widiasih, W. (2021). Redesain Kemasan Produk UKM Jamu Cuka Rempah untuk Meningkatkan Penjualan. Bengawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 36–43. https://doi.org/10.46808/jurnal_bengawan.v1i2.37

Wahmuda, F., & Hidayat, M. J. (2020). REDESAIN LOGO DAN MEDIA PROMOSI SEBAGAI CITRA PRODUK MAKANAN RINGAN UKM BENOK. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 147–159. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3307

Wahyuni, I., & Ernawati, S. (2020). Analisis Pengaruh Product Assortment dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Pada UMKM Di Kota Bima. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(1), 49–53. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.7815

Wurlina, W., Racmawati, K., Utama, S., Mahasri, G., Mulyati, S., & Suwasanti, N. (2022). Keberlanjutan UMKM olahan hasil laut di Pesisir Bulak Surabaya guna meningkatkan daya saing di era new normal (Sustainability of MSMEs processed marine products in Bulak Coastal Surabaya to increase competitiveness in the new normal era). Buletin Pengabdian Bulletin of Community Services, 2(2), 42–52. https://doi.org/10.24815/bulpengmas.v2i2.25217

Zulfaa Gunawan, Afifatus Sholikhah, Zahra Gunawan, Moh. Arrijal Ilman Nafi’, Khairunnisa Panglipuring Tyas, & Erly Eka Anindya Putri. (2024). Strategi Peningkatan Daya Saing Pukis Mart: Digital Marketing dan Redesain Kemasan. Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), 102–111. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1226

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Hendriyanto, R., Muhamad, W., Umbara, T., & Widaningsih, S. (2025). BRANDING DAN DESAIN KEMASAN F&B UNTUK PENGUATAN MARKETING PRODUK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4903–4908. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.40977