PENINGKATAN PRODUK UKM MELALUI PELATIHAN PACKAGING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40841Keywords:
Kemasan, Desain Kemasan, Peningkatan ProdukAbstract
Kemasan produk berfungsi sebagai elemen branding, berfungsi sebagai identifikasi yang diberlakukan oleh pengusaha pada barang yang diproduksi. Kemasan sangat penting dan harus diperhatikan oleh setiap pelaku UMKM. Kemasan yang menarik tidak hanya memikat konsumen tetapi juga meningkatkan keberhasilan pasar produk. Teknik pengabdian masyarakat yang diterapkan adalah penyuluhan dan pelatihan. Pendekatan pelatihan berkaitan dengan proses peningkatan kemasan produk dengan memasukkan informasi produk yang relevan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan selaras dengan tuntutan masyarakat desa Pinang Jaya. Kesesuaian materi yang diberikan diharapkan dapat bertahan untuk inisiatif pengabdian masyarakat yang berkepanjangan, sehingga memastikan keberlanjutan untuk meningkatkan potensi saat ini, menambah produk, dan meningkatkan omzet penjualan UMKM di desa Pinang Jaya.References
A. Heryati, F. Afriyani, B. U. (2020). Pelatihan Packaging Produk Makanan Ringan Dan Otak-Otak Pada Kampung KB Layang-Layang. Avoer 12, November, 18–19
Bernadette Robian.2023. “Peningkatan Kualitas Packaging Produk UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan di Desa Sungsang 4” jurnal pengabdian kepada masyarakat aksi kepada masyarakat, STEBIS IGM. hal 31-45
Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018) Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61– 76.
Herawati, Heny, and Muslikah. 2019. “Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat.” Kinerja Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2(1).
Mukhtar, Syukrianti, and Muhammad Nurif. 2015. “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksiterhadap Konsumen.” Jurnal Sosial Humaniora 8(2):181–91.
Widiati, Ari. 2019. “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak.” Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura 8(2):67–76.
Willi Chandra Hermanto, Ari Andriyas Puji, & Rico Saputra. (2022). Edukasi Dan Sosialisasi Laporan Keuangan, Packing, Dan Branding Produk Untuk Mengembangkan Kualitas Dan Produktivitas Umkm Tapai Ubi Di Kelurahan Bencah Lesung. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 9–13. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.2908
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulistina Yulistina, Dewi Silvia, Nur Salma, Meita Sekar Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.