PENINGKATAN PRODUK UKM MELALUI PELATIHAN PACKAGING

Authors

  • Yulistina Yulistina Universitas Mitra Indonesia
  • Dewi Silvia Universitas Mitra Indonesia
  • Nur Salma Universitas Mitra Indonesia
  • Meita Sekar Sari Universitas Mitra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40841

Keywords:

Kemasan, Desain Kemasan, Peningkatan Produk

Abstract

Kemasan produk berfungsi sebagai elemen branding, berfungsi sebagai identifikasi yang diberlakukan oleh pengusaha pada barang yang diproduksi. Kemasan sangat penting dan harus diperhatikan oleh setiap pelaku UMKM. Kemasan yang menarik tidak hanya memikat konsumen tetapi juga meningkatkan keberhasilan pasar produk. Teknik pengabdian masyarakat yang diterapkan adalah penyuluhan dan pelatihan. Pendekatan pelatihan berkaitan dengan proses peningkatan kemasan produk dengan memasukkan informasi produk yang relevan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan selaras dengan tuntutan masyarakat desa Pinang Jaya. Kesesuaian materi yang diberikan diharapkan dapat bertahan untuk inisiatif pengabdian masyarakat yang berkepanjangan, sehingga memastikan keberlanjutan untuk meningkatkan potensi saat ini, menambah produk, dan meningkatkan omzet penjualan UMKM di desa Pinang Jaya.

References

A. Heryati, F. Afriyani, B. U. (2020). Pelatihan Packaging Produk Makanan Ringan Dan Otak-Otak Pada Kampung KB Layang-Layang. Avoer 12, November, 18–19

Bernadette Robian.2023. “Peningkatan Kualitas Packaging Produk UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan di Desa Sungsang 4” jurnal pengabdian kepada masyarakat aksi kepada masyarakat, STEBIS IGM. hal 31-45

Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018) Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61– 76.

Herawati, Heny, and Muslikah. 2019. “Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat.” Kinerja Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2(1).

Mukhtar, Syukrianti, and Muhammad Nurif. 2015. “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksiterhadap Konsumen.” Jurnal Sosial Humaniora 8(2):181–91.

Widiati, Ari. 2019. “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak.” Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura 8(2):67–76.

Willi Chandra Hermanto, Ari Andriyas Puji, & Rico Saputra. (2022). Edukasi Dan Sosialisasi Laporan Keuangan, Packing, Dan Branding Produk Untuk Mengembangkan Kualitas Dan Produktivitas Umkm Tapai Ubi Di Kelurahan Bencah Lesung. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(1), 9–13. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.2908

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Yulistina, Y., Silvia, D., Salma, N., & Sari, M. S. (2025). PENINGKATAN PRODUK UKM MELALUI PELATIHAN PACKAGING . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 539–543. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40841

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.