STRATEGI BERSAING MELALUI MANAJEMEN MEREK DAN KEMASAN PRODUK UMKM DESA LANCANG KUNING

Authors

  • Dwi Septi Haryani STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Evita Sandra STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Selvi Fauzar STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Betty Leindarita STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40498

Keywords:

Manajemen Merek, Kemasan Produk, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan sangat penting terhadap pertumbuhan ekonomi di Desa Lancang Kuning.UMKM memberikan nilai positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Hal tersebut tergambar pada jumlah UMKM di Desa Lancang Kuning yang terus meningkat. Sorgum merupakan salah satu produk rintisan Usaha Kecil Mikro dengan nama usaha Sorgum Ibu Ririn. Namun sayangnya UMKM Ibu Ririn belum memiliki kemasan serta label kemasan yang baik sehingga membutuhkan pergantian kemasan serta label kemasan yang menarik agar usahanya dapat lebih dikenal ke masyarakat luar. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk membantu UMKM Ibu Ririn untuk meningkatkan manajemen merek dan kemasan produknya. Metode yang digunakan didalam kegiatan pengabdian ini adalah metode survey, wawancara langsung, pelatihan, sosialisasi dan pendampingan langsung kepada pemilik UMKM. Hasil survei menunjukkan bahwa pada UMKM keripik ubi Ibu Ririn kendalanya yaitu belum memiliki label produk, kemasan produk yang belum tepat sehingga membuat produk mudah rusak serta belum memiliki sertifikat HALAL. Setelah melakukan inovasi kemasan serta label yang lebih menarik, penjualan yang dilakukan oleh kedua UMKM tersebut mengalami kenaikan. Selain mengalami kenaikan penjualan, pengemasan produk yang lebih baik juga memberikan dampak positif bagi keawetan produk itu sendiri.

References

Abriyoso, O. J. (2023). Pengembangan UMKM Di Kelurahan Sei Jang Berbasis Literasi Digital Pada UMKM ANS 3 Bersaudara. Jurnal Pengabdian Pembelajaran Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, xx(xx).

Abriyoso, O., Suganda, W., Harsoyo, E., Syahputri, D. M., Afriza, I., Tambunan, T. Y., Harningsih, Y., Kusuma, F. H., Siregar, H. P., Saputra, R. H., Titania, R. A., Randika, B. Z., Saputri, S. A., & Wahyuni, R. (2023). Pelatihan Promosi Dan Pemasaran Digital Pada Umkm. 4(2), 4158–4161.

Alamsyahbana, M. I. (2023). Manajemen Keuangan UMKM (Nomor March, hal. 34–45). Media Sains Indonesia.

Alamsyahbana, M. I., & Chartady, R. (2024). IMPLEMENTASI ECOPRINTING BERCORAK KHAS DESA SEBONG PEREH SEBAGAI WUJUD GREEN ECONOMY PADA KUBE AL-. 5(5), 9031–9037.

Mu’azamsyah dkk. (2023). Pendampingan Branding Packaging Dan Digital Marketing Pada Kerupuk Atom Khas Desa Pengudang. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89.

Muhammad Isa Alamsyahbana, Salihi, S., Rachmad Chartady, Armansyah, A., Vina Amalia Putri, M. Fachri Riauan, Mutiara Adinda Febrian, & M. Iqbal Sesaria. (2023). Pengabdian Dalam Mengoptimalisasikan Kegiatan Perekonomian Umkm Di Kelurahan Batu Sembilan Melalui Program Digitalisasi Umkm. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 423–428. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i2.6055

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Haryani, D. S., Sandra, E., Fauzar, S., & Leindarita, B. (2024). STRATEGI BERSAING MELALUI MANAJEMEN MEREK DAN KEMASAN PRODUK UMKM DESA LANCANG KUNING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12789–12793. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40498

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.