PENGEMBANGAN KREATIFITAS MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DAN MENDUKUNG PERCEPATAN EKONOMI DIGITAL

Authors

  • Dewi Purnama Sari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Hadi Widodo Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Ani Supriyani Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Aulia Aisyah SK Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Firza Fadillah Siddiq Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Floren Sabet Simamora Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Hekdiana Padang Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40301

Keywords:

Kreatifitas Masyarakat, Kemandirian Ekonomi, Sabun Cuci Piring, Percepatan Ekonomi Digital

Abstract

Pengabdian Masyarakat (PkM) berjalan dengan lancar dan baik serta diikuti dengan semangat oleh peserta yang terdiri dari ibu-ibu perwiritan. Berjalannya kegiatan ini karena adanya Kerjasama dengan pihak kepala desa Klumpang Kebun yang memberikan izin Lokasi, tempat dan aula untuk dipergunakan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan sabun cuci piring dengan tujuan untuk mengembangkan kreatifitas Masyarakat untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan mendukung percepatan Ekonomi digital. Peserta juga dilatih menerapkan akses digital melalui social media berupa WhatsAap (WA), Facebook (Fb ) Serta Instagram. Media digital ini menjadi alat pemasaran dan promosi yang dilatihkan ke peserta agar dapat memasarkan hasil kreatifitasnya terutama sabun cuci piring yang dibuatkan jika ingin memasarkan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini dapat membantu kemandirian ekonomi masing- masing rumah tangga, namun jangka panjangnya memunculkan ide pemasaran usaha sebagai bagian ekonomi kreatif di desa Klumpang Kebun, manfaat lain untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil kreatifitas Masyarakat dan memiliki nilai jual.

References

Agustina, Rini, Dodit Suprianto, and Sovia Rosalin. 2023. “Pembuatan Sabun Cuci Piring Untuk Untuk Meningkatkan Kreativitas Ibu Rumah Tangga Di Wilayah Pakis.” ABDIMASNU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2). doi: 10.47710/abdimasnu.v3i2.211.

Farhan, Dimas Fauzi, Egi Makmuri, and Nurartanti Nurartanti. 2024. “Pengaruh E-Commerce Sebagai Penjualan Produk UMKM ( Boboko ) Di Kecamatan Bandung Pandemi Sejak Awal Tahun 2020 . Bisnis Dagang Berbasis Online Ini Tumbuh Sekitar 33 Persen.” 2(2):280–96.

Indriani, Wiewiek, Nurbaiti, and Muhammad. 2022. MENGGALAKAN INDUSTRI KREATIF MASYARAKAT DI MASA KRISIS. Vol. 2.

Ismunandar, Arif, Muhamad Ibnu Afrelian, and Muhammad Farid Zulkarnain. 2023. “Peran Digitalisasi Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat (Studi Di Desa Sumberrejo Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur).” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(3):5685–86.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Sari, D. P., Widodo, H., Supriyani, A., SK, A. A., Siddiq, F. F., Simamora, F. S., & Padang, H. (2024). PENGEMBANGAN KREATIFITAS MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI DAN MENDUKUNG PERCEPATAN EKONOMI DIGITAL . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12639–12642. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40301

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.