DISEMINASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN: PELATIHAN GOOGLE EARTH UNTUK GURU DI SMA PUTRA BANGSA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40226Keywords:
Google Earth, Kurikulum Merdeka, SMA Putra BangsaAbstract
Pendidikan di era digital menuntut integrasi teknologi sebagai komponen kunci dalam proses pembelajaran. Guru-guru di SMA Putra Bangsa Depok menghadapi tantangan dalam menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi seperti Google Earth untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Karena itu, pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan Google Earth dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang tidak hanya menarik tetapi juga mendalam. Metode yang terstruktur, mulai dari observasi langsung untuk mengidentifikasi kebutuhan guru, wawancara untuk mendapatkan masukan langsung, hingga sesi presentasi, praktik langsung, dan evaluasi, berhasil menunjukkan hasil positif, seperti ditunjukkan dengan respon guru yang merasa lebih siap dan percaya diri dalam mengintegrasikan teknologi ini dalam proses belajar-mengajar. Meskipun demikian, program ini masih menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu untuk mendalami semua fitur Google Earth secara menyeluruh dan kebutuhan akan infrastruktur teknologi yang memadai di sekolah. Untuk menjaga keberlanjutan dan kesuksesan program, pendekatan lanjutan berupa pelatihan tambahan, pendampingan rutin, dan evaluasi teratur masih perlu dilakukan agar penggunaan teknologi dalam pembelajaran tidak hanya efektif tetapi juga sejalan dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang inklusif dan berorientasi pada hasil pembelajaran yang kompetitif.References
Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2509
Festiyed, F., Mikhayla, M. E., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Kemendikbudristek. (2021). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Nafisa, N. N., Kanzunnudin, M., & Roysa, M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 111–124. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3705
Yarsama, K. (2022). Urgensi merdeka belajar – kampus merdeka dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada Abad Ke-21. Mahadewa University.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adhityo Kuncoro, Dyah Rhetno Wardhani, Vickry Ramdhan, Rahman Abdillah, Fajar Erlangga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.