PSIKOEDUKASI MEDIA PUZZLE UNTUK MENARIK PERHATIAN PADA ANAK KELAS B1 TK RIFANDA PALEMBANG

Authors

  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma
  • Yunia Tabita Purba Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40067

Keywords:

Media Puzzle, Psikoedukasi, Tk Rifanda Palembang

Abstract

Upaya dalam pemberian layanan Pendidikan bagi anak dilakukan dengan memberikan media pembelajaran yang dapat membantu anak dalam perkembangannya. Upaya tersebut adalah dengan memberikan psikoedukasi melalui media puzzle untuk menarik perhatian pada anak kelas B TK Rifanda. Metode yang dilakukan yaitu menggunakan media puzzle untuk melatih fokus pada anak. hasil pengabdian Masyarakat bahwa media permainan puzzle dapat menarik fokus perhatian anak. Terlihat dari sebelum dan sesudah pemberian puzzle dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima. Pada akhirnya anak dapat Menyusun kepingan puzzle dan tetap memperhatikan satu objek puzzle yang ada didepannya hingga penyususunan selesai. Pemberian puzzle dengan gambar dan warna beragam juga dapat membantu menarik perhatian pada anak.

References

Ahmadi, A dan Supriyono, W., (2003), Psikologi Belajar, Rhineka Cipta, Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Rajawari Pers. Jakarta

Aswaja Pressindo. Misbach, Patmonodewo. 2010. Pengertian Media Puzzle. [Online]. Tersedia: http://www.acamedia.edu/9717051/Pengertian_Media_Puzzle_Menurut Patmonodewo_Misbach [22 Desember 2016].

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.

Djamharah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 85-92.

Hurlock, E. B. (1973). Adolescent development. New York: Mc Grow Hill Book Company.

Koesnan, R.A. 2005. Susunan Pidana dalam Negara Sosialis Indonesia. Bandung: Sumur.

Laksana Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta (ID): Kencana.

Makmun, Khairani. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta:

Misbach, Muzamil. (2010). Media Puzzle. Diakses tanggal 23 Februari 2016 dari http://economicsjurnal.blogspot.com/2010/06/media-puzzle.html.

Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD.dalam perspektif Islami. Yogyakarta:

Rahmanelli. 2007. Efektifitas Pemberian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional. Jurnal Pelangi Pendidikan. Vol. 2 (1): 23-30.

Rahmawati, P. & Apsari, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial pada Siswa SDN No.05 Suruh Tembawang (Perbatasan Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7, (2): 209- 218.

Rineka Cipta Gagne, Robert M., Briggs, Leslie J. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston. 1979.

Rosiana Khomsoh, Penggunaan Media Membingungkan untuk Meningkatkan Memiliki sakit Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosiaaku diSekolah Dasar, Jurnal Penelitian PGSD, Vol. 1, No.2, Mei 2013.

Rumakhit, Nur. (2017). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Simki-Pedagogia. Volume 01 Nomor 02.

Santoso, M. (2019). Rancang Bangun Game Edukatif Duta Indonesia (Dadu Dan Peta) Indonesia. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 20–31.

Santrock, J.W. (2009). Child Development. 12th ed. New York: McGraw-Hil.

Soetjiningsih. (1995). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Srianis, dkk. (2014). Penerapan metode bermain membingungkan geometri untuk meningkatkanperkembangan kognitif anak dalam mengebentuk akhir. Jurnal elektronik PG-Universitas PAUDPendidikan Ganesha. Jil.2 No.1

Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. www.aura-publishing.com. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11010

Wahyuni, N & Maureen, I.Y. (2010). Pemanfaatan Media Puzzle Metamorfosis Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Sawunggaling Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan; 10 (2):77-86.

Wahyuni, N & Maureen, I.Y. (2010). Pemanfaatan Media Puzzle Metamorfosis Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Sawunggaling Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan; 10 (2):77-86.

Warsah, I., Daheri, M. (2021). Psikologi: suatu pengantar. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.

Wasty Soemanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Oktaviana, R., & Purba, Y. T. (2024). PSIKOEDUKASI MEDIA PUZZLE UNTUK MENARIK PERHATIAN PADA ANAK KELAS B1 TK RIFANDA PALEMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12562–12568. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40067

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.