STRATEGI DIGITAL BRANDING MELALUI INFLUENCER UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA PADA PEMBUKAAN KEMBALI WISATA ANTAP

Authors

  • Muhammad Eka Purbaya Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Robert Hendra Yudianto Telkom University
  • Khairun Nisa Meiah Ngafidin Telkom University
  • Hotman Ivan Sianturi Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39942

Keywords:

Digital Branding, Influencer, Media Sosial, Pariwisata Lokal, Pengabdian Masyarakat, Wisata Antap

Abstract

Wisata Antap, sebuah destinasi wisata alam di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, mengalami penurunan kunjungan wisatawan akibat kurangnya promosi efektif dan dampak pandemi Covid-19. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan kunjungan wisatawan melalui strategi digital branding berbasis media sosial. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), melibatkan pengelola Wisata Antap di bawah BUMDes Mitra Usaha Sejahtera (MUS) dan masyarakat lokal. Tahapan program meliputi observasi awal, FGD, pelatihan digital branding, implementasi strategi promosi, serta monitoring dan evaluasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada beberapa indikator, seperti kesadaran merek yang naik dari 40% menjadi 72% dan peningkatan tayangan media sosial hingga 9.625 views dalam 30 hari pertama. Selain itu, kunjungan wisatawan pada acara pembukaan kembali mencapai 252 orang, dengan rata-rata kunjungan harian meningkat hingga 25%. Penjualan produk UMKM lokal di Pasar Wisata Antap juga meningkat sebesar 25%, melampaui target 20%. Strategi digital branding melalui paid promote dan kolaborasi dengan influencer terbukti efektif dalam meningkatkan daya tarik dan keberlanjutan destinasi wisata. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan digital branding dapat menjadi solusi yang relevan untuk mengoptimalkan potensi destinasi wisata lokal.

References

Agostino, D., Arnaboldi, M., & Calissano, A. (2019). How to Quantify Social Media Influencers: An Empirical Application at the Teatro Alla Scala. Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01677

Choe, Y., Kim, J. (Jamie), & Fesenmaier, D. R. (2017). Use of social media across the trip experience: An application of latent transition analysis. Journal of Travel and Tourism Marketing, 34(4), 431–443. https://doi.org/10.1080/10548408.2016.1182459

Confetto, M. G., Conte, F., Palazzo, M., & Siano, A. (2023). Digital destination branding: A framework to define and assess European DMOs practices. Journal of Destination Marketing and Management, 30, 100804. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2023.100804

Dewi, M. S. R. (2024). “ANALISIS DIGITAL BRANDING PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @umbulbrondong KLATEN” Article history. Jurnal Kajian Pariwisata, 6(4). https://doi.org/10.51977/jiip.v6i2.1871

Diana Novita, Susi Widayati, Diyah Rury Irawati, Kokoy Rokoyah, & Melani Dewi Lusita. (2022). Strategi Digital Branding Yang Efektif Untuk Umkm Menggunakan Tiktok. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3507–3512. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2243

Durai, T., & King, R. (2019). Impact of Digital Marketing on the Growth of Consumerism. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3344421

Esteves, D., Morais, N. S., & Raposo, R. (2023). Social Media And Digital Influencers On Instagram: A Case Study. Proceedings of the 10th European Conference on Social Media, ECSM 2023, 60–67. https://doi.org/10.34190/ecsm.10.1.993

Gnoth, J. (2002). Leveraging export brands through a tourism destination brand. Journal of Brand Management, 9(4), 262–280. https://doi.org/10.1057/palgrave.bm.2540077

Kaur, G. (2017). The Importance of Digital Marketing in the Tourism Industry. https://doi.org/10.5281/zenodo.815854

Parlov, N., Perkov, D., & Si?aja, Ž. (2016). New Trends in Tourism Destination Branding by Means of Digital Marketing. Acta Economica Et Turistica, 2(2), 139–146. https://doi.org/10.1515/aet-2016-0012

Pecot, F., Celhay, F., Kacha, M., & Lombard, G. (2022). Expressions of the past: A practice-based approach of brand longevity visual translation in advertising. Journal of Business Research, 150, 121–133. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.06.017

Piñeiro-Otero, T., & Martínez-Rolán, X. (2016). Understanding Digital Marketing—Basics and Actions. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28281-7_2

Shams, R., Chatterjee, S., & Chaudhuri, R. (2024). Developing brand identity and sales strategy in the digital era: Moderating role of consumer belief in brand. Journal of Business Research, 179, 114689. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114689

Xu, X., & Pratt, S. (2018). Social Media Influencers as Endorsers to Promote Travel Destinations: An Application of Self-Congruence Theory to the Chinese Generation Y. Journal of Travel & Tourism Marketing. https://doi.org/10.1080/10548408.2018.1468851

Zenker, S., & Braun, E. (2010). Branding a City: A Conceptual Approach for Place Branding and Place Brand Management. 39th EMAC Annual Conference 2010: The Six Senses: The Essentials of Marketing.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Purbaya, M. E., Yudianto, R. H., Ngafidin , K. N. M., & Sianturi, H. I. (2024). STRATEGI DIGITAL BRANDING MELALUI INFLUENCER UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA PADA PEMBUKAAN KEMBALI WISATA ANTAP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12536–12546. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39942

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.