MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI BELAJAR BERSAMA MASYARAKAT DESA BAKARAN BATU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39817Keywords:
Minat Baca, Sekolah Dasar, Belajar Bersama MasyarakatAbstract
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa sekolah dasar yang disebabkan oleh berbagai hal, yang paling besar pengaruhnya adalah dampak negatif dari gadget. Kecanduan penggunaan gadget semakin memperparah keadaan ini, sehingga pengabdian ini dirasa sangat diperlukan untuk menemukan paradigma baru di dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Secara khusus pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar melalui belajar bersama masyarakat. Pengabdian ini dilaksanakan di desa Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan November 2023 yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Kegiatan ini menggunakan langkah-langkah diantaranya: 1) Penyuluhan dan Pelatihan; 2) Kegiatan Belajar Bersama; dan 3) Pemantauan dan Evaluasi. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya meningkatkan literasi dan kualitas pendidikan di lingkungan tersebut. Keberhasilan program ini tidak hanya terlihat dari peningkatan minat baca siswa, tetapi juga dari perubahan positif dalam pola pikir dan perilaku masyarakat terhadap pentingnya literasi sebagai kunci menuju masa depan yang lebih cerah. Dengan mempertahankan komitmen dan kerja sama yang baik antara berbagai pihak, diharapkan program ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak yang lebih besar lagi di masa mendatang.References
Bimantara, F. R., & Amalia, N. (2023). Kolaborasi antara Orang Tua dan Guru dalam Menumbuhkan Literasi Membaca Melalui Program Majalah Dinding SD Negeri 1 Celep. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 328–341. Dhiya, R. N., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Meningkatkan Minat Baca pada Anak Sekolah Dasar dengan Kegiatan Literasi Membaca 15 Menit Sebelum KBM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31342–31347.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Erdianti. (2022). Meningkatakn Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah (Studi Di SD Negeri 53 Lebong). GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(8), 63–66.
Faridah, S., Saputra, R. I., & Ramadhani, M. I. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa SD Negeri 2 Tambang Ulang. Jurnal Terapung: Ilmu - Ilmu Sosial, 5(2), 60–69. https://doi.org/10.31602/jt.v5i2.12451
Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303
Lazonder, A. W., Walraven, A., Gijlers, H., & Janssen, N. (2020). Longitudinal assessment of digital literacy in children: Findings from a large Dutch singleschool study. Computers & Education, 14(3)
Mahrani, Tambunan, E. E., Siregar, A. P., Nastasya, A., & Lubis, R. R. (2022). Menumbuhkan Minat Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Rakyat Di Desa Tandihat. Kalandra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–17.
Meilani, S., & Ilma, M. (2021). Peningkatan Minat Baca Anak melalui Program Sehari Bersama Seleb (Selembar Buku) di Desa Jonggol Jambon Ponorogo. Pucuk Rebung: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 79–88.
Novitasari, L. (2019). E-book sebagai Literasi Digital. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Albanjari.
Padilah, E. B., Izzah, A. N., Rachmadanty, A. D., & Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Motivasi Minat Baca dan Minat Belajar Anak-anak di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 266–277. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i2.104
Prananda, M., Virlian, Ramadhan A. Iqbal, Lindiatika, Anjani, T. P., & Kurniawan, A. (2023). Pojok Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Di Pulau Panjang, Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 273–279. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.607
Qutni, D., & Oesman, A. M. (2022). Urgensi Literasi Digital bagi Generasi Milenial dalam Konservasi Budaya. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 10(2), 291–312. https://doi.org/10.21043/libraria.v10i2.17468
Rahmawati, D. R., & Yuliyanto, R. (2023). Keterlibatan Masyarakat dalam Mencapai Tujuan Pendidikan melalui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Edukasi Ekonomi, 8(1), 10–23.
Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, D. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. 1st National Conference on Education, System and Technology Information, 01(01), 1–12.
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).
Rohmah, S., Mutiara, D., Utama, R. E., Oneng Nurul Bariyah, Irwana, & Mudjianto, A. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Literasi Sekolah di SD Ukhuwwatul Islamiyyah Jakarta Barat. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–5.
Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137.
Sitinjak, I. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Di Pendidikan Sekolah Dasar. EJI: Education Journal of Indonesia, 2(2), 38–42.
Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan Budaya Literasi dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa Anis. Jurnal Basicedu, 7(4), 2048–2057. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Wanda, E. M. (2023). Pengaruh Literasi Digital pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 3(12), 1035–1042.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusrizal Yusrizal, Intan Jelita Syuhada, Mei Yanti Simamora, Micky Amanda, Fatmawati Fatmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










