BATCH 2 PKM KOLABORASI KUNINGAN 2024: EDUKASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PUBLIC SPEAKING SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN EKONOMI DIGITAL BAGI SISWA/I, KOLABORASI DENGAN PERGURUAN TINGGI DI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.39548Keywords:
Media Sosial, Public Speaking, Ekonomi DigitalAbstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan keterampilan digital dan inovasi pelaku UMKM serta siswa/i SMK di Kabupaten Kuningan, guna memperkuat daya saing mereka di era industri 4.0. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup identifikasi kebutuhan peserta melalui survei awal, diikuti dengan pelatihan interaktif yang melibatkan ceramah, diskusi, demonstrasi langsung, dan penggunaan platform digital untuk pembelajaran. Pelatihan difokuskan pada pemasaran digital, pengelolaan media sosial, pembuatan konten kreatif, dan pemanfaatan teknologi sederhana untuk meningkatkan produktivitas usaha. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa lebih dari 80 peserta berhasil mengembangkan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran dan pengelolaan usaha, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam bersaing di pasar digital. Implikasi dari kegiatan ini adalah penguatan kemampuan teknis dan mental peserta dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital, serta membangun kesadaran akan pentingnya inovasi digital untuk keberlanjutan usaha. Program ini memberikan dampak positif bagi pengembangan UMKM dan pendidikan vokasi di wilayah tersebut, dengan potensi untuk dijadikan model pemberdayaan yang dapat diperluas ke daerah lainnya.References
Bahruddin, U., Amrullah, A. M. K., & Audina, N. A. (2021). Constructivism in Maharah Kalam Lecture Using the Instagram Media: The Implementation, Problems, and Tertiary Students’ Perceptions in Indonesia/Kontruktivisme dalam Perkuliahan Maharah Kalam Menggunakan Media Instagram: Implementasi, Problematika dan Persepsi Mahasiswa di Indonesia. Arabiyatuna?: Jurnal Bahasa Arab, 5(1), 127. https://doi.org/10.29240/jba.v5i1.2396
Binmahboob, T. (2020). YouTube as a Learning Tool to Improve Students’ Speaking Skills as Perceived by EFL Teachers in Secondary School. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 9(6), 13. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.9n.6p.13
Brilianti, D. F., & Fithriyani, H. Y. (2020). The Implementation of Video Blog (Vlog) as a Teaching Media in Speaking Skill. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 340. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.1945
Cunningham-Erves, J., Joosten, Y., Bruce, M. A., Elzey, J., Luther, P., Lipham, L., Vaughn, Y., Micah, T., Wilkins, C. H., & Miller, S. T. (2018). Comprehensive strategy for capturing and integrating community input into community research training curricula. Journal of Clinical and Translational Science, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.1017/cts.2018.11
European Journal of Education Studies—ISSN 2501-1111. (2019). 6(3).
Fisher, K., Smith, T., Brown, L., Wakely, L., Little, A., Wakely, K., Hudson, J., & Squires, K. (2018). Value-adding to health professional student placement experiences: Enhancing work readiness and employability through a rural community engagement program. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 9(1), 41–61. https://doi.org/10.21153/jtlge2018vol9no1art698
Henderikx, M., & Stoffers, J. (2023). Digital transformation and middle managers’ leadership skills and behavior: A group concept mapping approach. Frontiers in Psychology, 14, 1147002. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1147002
Ihsan, P., & Aulia, E. R. (2020). Instagram As Medium of Promoting English Speaking Skill: English Edupreneurship. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 7(2), 105. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v7i2.3180
Iswahyuni, D. (2021). EMBRACING SOCIAL MEDIA TO IMPROVE EFL LEARNERS’ ENGLISH SKILL. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(4), 704. https://doi.org/10.22460/project.v4i4.p704-711
Ni??, V., & Gu?u, I. (2023). The Role of Leadership and Digital Transformation in Higher Education Students’ Work Engagement. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(6), 5124. https://doi.org/10.3390/ijerph20065124
Ravindran, L., Ridzuan, I., & Wong, B. E. (2022). The Impact of Social Media on the Teaching and Learning of EFL Speaking Skills during the COVID-19 Pandemic. International Academic Symposium of Social Science 2022, 38. https://doi.org/10.3390/proceedings2022082038
Rosyida M. R & Seftika. (n.d.). How is Instagram Implemented in Teaching Speaking? Atlantis Press, Vol. 254.
Smith-Tolken, A. R., & McKay, M. (2019). To be or not to be. Service-learning in a higher education institution. Bordón. Revista de Pedagogía, 71(3), 205–220. https://doi.org/10.13042/Bordon.2019.72004
Su, Y. R., & Fatmawati, F. (2019). Fostering Students’ Self-Esteem in Speaking by Extending Speaking Activities in Social Media. Pedagogy?: Journal of English Language Teaching, 7(1), 65. https://doi.org/10.32332/pedagogy.v7i1.1544
Xue, S., Hu, X., Chi, X., & Zhang, J. (2021). Building an online community of practice through WeChat for teacher professional learning. Professional Development in Education, 47(4), 613–637. https://doi.org/10.1080/19415257.2019.1647273
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eti Jumiati, Asep Solihin, Wiwin Suhada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.