PELATIHAN STRATEGI GURU MENYUSUN TEKNIK DAN INSTRUMEN ASESMEN PSIKOMOTOR DI SMPN 4 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39107Keywords:
Asesmen, Psikomotor, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum merdeka berorientasi pada peserta didik memiliki kompetensi sesuai dengan karakteristik dan potensinya. Kompetensi peserta didik yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, merupakan tantangan dan komitmen sekolah untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat mengembangkan kompetensi peserta didik secara optimal. Guru berperan penting untuk menyusun kontruksi pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik. Asesmen psikomotor merupakan salah satu faktor yang menunjang kebutuhan peserta didik. Asesmen psikomotor merupakan implementasi pembelajaran kognitif yang berkaitan dengan kegiatan fisik. Namun guru dalam melaksanakan asesmen psikomotor masih belum memahami teknik dan instrument psikomotor sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka. Guru belum memahami jenis teknik, instrumen psikomotor. Hasil asesmen psikomotor bersifat subyektif, tidak terukur, dan tidak transparan.Tujuan tim pengabdi melakukan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan strategi guru menyusun teknik dan instrumen asesmen psikomotor. Pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 4 Jombang. Metode pengabdian masyarakat adalah pemberdayaan adragogi atau pembelajaran fokus pada orang dewasa melalui pelatihan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian Masyarakat berdasarkan hasil angket rata-rata 98% guru menyatakan sangat membutuhkan pelatihan untuk mengatasi masalah dalam asesmen psikomotor, 2% lainnya membutuhkan pelatihan.References
Amorim, N. De, Parreiral, J. and Santos, S. (2022) ‘The Assessment of the Psychomotor Profile in Children: Preliminary Psychometric Analysis of the Portuguese Version of the Batterie d’Evaluation des Fonctions Neuropsychomotrices de L’enfant (NPmot.pt)’, Children, 9(8). doi: 10.3390/children9081195.
Angla F Sauhenda and Marnina Marnina (2023) ‘Pelatihan Asesmen Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Bagi Guru SMP Negeri Gudang Arang Merauke’, ASPIRASI?: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 1(6), pp. 222–229. doi: 10.61132/aspirasi.v1i3.183.
Basril, A. et al. (2022) ‘Pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), p. 193. doi: 10.29210/30031732000.
Dahlia, D., Maison, M. and Nehru, N. (2020) ‘Developing An Authentic Assessment Instruments of Psychomotor Domain For The Physics Learning on Measurement Materials in Class X SMA’, Journal of Science Education Research, 4(2), pp. 44–48. doi: 10.21831/jser.v4i2.35713.
Dennis Van Roekel (no date) An Educator’s Guide to the “Four Cs”.
Istiyono, E. and Kadarisman, N. (2017) ‘Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotor (Keterampilan) Bagi Guru-Guru Fisika SMA/MA di Yogyakarta Training of Develoment of Psychomotoric Assessment Instrument in Physics Subject for Physics Teachers of Senior High School in Yogyakarta’, Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 1(2), pp. 81–84.
Kualitas, P., Sumur, A. and Halmahera, M. (2024) ‘Interaksi?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Interaksi?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat’, 1(1), pp. 20–26.
Ummah, M. S. (2019) METODOLOGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas, Sustainability (Switzerland).
Yatimah, D. (2020) ‘Implementation of Psychomotor Assessment on Life Skills Learning Program Package’, Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), pp. 171–176. doi: 10.18510/hssr.2020.8124.
Yulianto, H. and Iryani, I. (2023) ‘Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar’, To Maega?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), p. 488. doi: 10.35914/tomaega.v6i3.1769.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah Puji Nali Brata, Edy Setiyo Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.