INOVASI DAN DIGITALISASI USAHA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM”
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.39068Keywords:
Innovation, Business Digitalization, MSME CompetitivenessAbstract
Pengabdian Masyarakat Internasional ini dilaksanakan di Desa Babatan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 29 Agustus 2024, dengan tujuan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasi dan digitalisasi. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antaruniversitas yang tergabung dalam Aliansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Swasta Indonesia (AFEBSI), bekerjasama dengan D.Y. Patil Institute of Management Studies dari India dan Thai Global Administration Technological College dari Thailand. Metode pengabdian mencakup pendekatan pemberdayaan dan edukasi dengan fokus pada UMKM sektor pertanian, khususnya hidroponik dan produksi sayur-buah. Kegiatan meliputi pelatihan, workshop, dan pembinaan praktis untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam mengadopsi teknologi informasi, mengoptimalkan media sosial, melakukan inovasi produk, dan memperluas akses pasar melalui platform digital. Luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM Desa Babatan dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital, dengan harapan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha mereka. Kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat.References
Elsandra,Y., & Yulianto,A.A(2013). Strategi pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil, Menengah Berbasis Industri Kreatif ICT.
Jurnal Kajian Manajemen 2(1). Hardilawati,W.Laura.(2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pademi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1). https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Saefullah,dkk (2021). Inovasi dan Pengembangan UMKM Emping Melinjo Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Optimalisasi Media Pemasaran dan Alat Produksi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume: 2 Nomor: 2 Edisi Juli 2021.
Suyadi,dkk (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 29, No. 1, Juni 2018.
Zanuar Rifai & Meiliana,D (2020). Pendampingan dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pademi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4). https://doi.org/10.31949/jb.vli4.54
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nining Purwaningsih, Yanthi Meitry Gunawan, Eneng Wiliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.