EMPOWERING MOOI INDIE EFFECT SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN SKALA BISNIS PADA INDUSTRI BATIK SOKARAJA MELALUI DIGITAL MARKETING DAN OPTIMALISASI PRODUKSI

Authors

  • Lina Fatimah Lishobrin Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ade Yanyan Ramdhani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ajeng Tita Negoro Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Abyan Naufal Azzam Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Uli Kasih Angelica Tambunan Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39048

Keywords:

BATIK, Desa Sokaraja Tengah, Pavlovian Conditioning, Digitalisasi Pemasaran

Abstract

Pada era digitalisasi yang berkembang pesat, upaya untuk mengembangkan dan memperkuat bisnis artisanal di tingkat lokal menjadi semakin penting. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi "Empowering Mooi Indie Effect Sebagai Strategi Peningkatan Skala Bisnis Pada Industri Batik Sokaraja Melalui Digital Marketing Dan Optimalisasi Produksi. Dengan menggunakan lima kata kunci terkait, yaitu BATIK, digitalisasi, pemasaran, efisiensi produksi, dan Pavlovian Conditioning, penelitian ini mengintegrasikan teori psikologi pembelajaran dengan prinsip digital marketing dan manajemen operasional. Melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital marketing, BATIK Desa Sokaraja Tengah diberikan pemahaman dan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memperluas pasar dan meningkatkan visibilitas produk. Sementara itu, implementasi efisiensi produksi melalui digitalisasi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk, sekaligus mengurangi biaya produksi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang potensi dan manfaat strategi "Artisanal Business Scaling" bagi BATIK di daerah pedesaan, serta kontribusi terhadap pemahaman kita tentang integrasi teknologi dalam pengembangan bisnis lokal.

References

Rahman, M. S., Ahmed, N. H., & Khan, S. (2020). Digital transformation in micro, small, and medium enterprises (MSMEs): A case study of Batik industry in Indonesia. In Proceedings of the IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management (IEEM) (pp. 1-6).

Lishobrina, L. F., et al. (2023). Digitizing MSMEs with a web-based Pavlovian conditioning approach. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK).

Arum, M. P., et al. (2024). Customer shopping behavior on e-commerce effectiveness using the Information System Success Theory approach. Jurnal TELAAH BISNIS, 24(2), 152-163.

Cahyono, B., Nugroho, R. W., & Susilo, S. W. (2018.). Implementation of artificial intelligence technology for enhancing productivity in small-scale painting.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice* (7th ed.). Pearson Education.

Chou, S., & Chou, S. (2019). Applying artificial intelligence to enhance the performance of digital marketing. Journal of Business Research, 101, 111-120. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.04.017

Kingsnorth, S. (2022). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing (2nd ed.). Cogan Page.

Ryan, D. (2017). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation (4th ed.). Kogan Page.

Leeflang, P. S. H., Verhoef, P. C., Dahlström, P., & Freundt, T. (2014). Challenges and solutions for marketing in a digital era. European Management Journal, 32*(1), 1-12. https://doi.org/10.1016/j.emj.2013.11.007

Järvinen, J., & Karjaluoto, H. (2015). The use of Web analytics for digital marketing performance measurement. Industrial Marketing Management, 50, 117-127. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2015.04.009

Wamba, S. F., Gunasekaran, A., Papadopoulos, T., & Ngai, E. W. T. (2018). Big data analytics in logistics and supply chain management. The International Journal of Logistics Management, 29(2), 478-484. https://doi.org/10.1108/IJLM-02-2017-0039

Putrie, R. A., Asfahani, A., Harati, R., & Dewi, R. A. P. K. (2024). Community Assistance In Communication Skills Development Training Programs. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4848–4856.

Sandham, L. A., Chabalala, J. J., & Spaling, H. H. (2019). Participatory rural appraisal approaches for public participation in EIA: Lessons from South Africa. Land, 8(10), 150.

Sukarman, S. and Gani, A, R. (2020) "Ex-coal mine lands and their land suitability for agricultural commodities in South Kalimantan," Brawijaya University, 7(3),p. 2171-2183.

Wahyuniar, W., Asfahani, A., Suyuti, S., & Sitopu, J. W. (2024). Community Engagement In Education: Fostering Sustainable Impact Through Outreach Initiatives. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4116–4124.

Yuwita, N., Hasyim, M., & Asfahani, A. (2022). Pendampingan Budidaya Maggot Lalat Black Soldier Fly Sebagai Pengembangan Potensi Lokal Masyarakat. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 393–404.

Usman, N, D., Widayati, S. and Sriyanti, S. (2020) "Geological based on area development: Terrain genetic unit method," IOP Publishing, 1469(1),p. 012142-012142.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Lishobrin, L. F. ., Ramdhani, A. Y. ., Negoro, A. T. ., Azzam, A. N. ., & Tambunan, U. K. A. . (2024). EMPOWERING MOOI INDIE EFFECT SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN SKALA BISNIS PADA INDUSTRI BATIK SOKARAJA MELALUI DIGITAL MARKETING DAN OPTIMALISASI PRODUKSI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11977–11983. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39048

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.