PENGENALAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE KEPADA SISWA DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38605Keywords:
Kecerdasan Buatan, SMA, SDM, Sosialisasi, TeknologiAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang melibatkan sosialisasi mengenai Pengenalan Artificial Intelligence (AI) kepada siswa di lingkungan Sekolah Menengah Atas ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa-siswi SMA Negeri 9 Samarinda mengenai perkembangan teknologi terkait AI. Dalam proses sosialisasi ini, tujuannya adalah memberikan pemahaman mengenai kecerdasan buatan yang dirancang khusus untuk menangani permasalahan kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti proses pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Manfaat dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah agar siswa-siswi dapat lebih memahami kemajuan teknologi kecerdasan buatan di Indonesia dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang berkualitas, seiring dengan pemahaman bahwa SDM dalam negeri tidak kalah dengan SDM luar negeri. Selain itu, diharapkan bahwa keberadaan Artificial Intelligence dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM di negara Indonesia. Hasil Pengabdian Pengenalan Artificial Intelligence Kepada Siswa di Lingkungan Sekolah Menengah Atas pada SMA 9 Negeri Samarinda dilakukan selama satu hari yang dihadiri oleh 34 peserta, 2 orang dosen, dan dibantu oleh mahasiswa program studi Ilmu Komputer Universitas Widyagama Samarinda hasil angket dari peyelenggaraan pengabdian ini didapatkan 7 pertanyaan yang hasilnya diatas 80% peserta yang artinya peserta setuju telah mendapat pengetahuan Pengenalan Artificial Intelligence dengan baik atau penyelenggaraan ini sudah dilaksanakan dengan sangat baik sekali.References
Amin, B. Al, Agustina, C., Haryanto, W., & Nurohim, G. S. (2024). Pengenalan Artificial Intelligence Pada Pondok Pesantren Yatim Al Ikhsan Surakarta. Kesejahteraan Bersama: Jurnal Pengabdian Dan Keberlanjutan Masyarakat, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.62383/bersama.v1i2.158
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 05(04), 36–38.
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Astini, N. K. A. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. 113–120. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
Franz, A., Maria, E., Rachmadani, B., Junirianto, E., Nurhuda, A., Maratul Khamidah, I., … Satria, B. (2023). Pelatihan Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Aktifitas Pembelajaran pada Sekolah Dasar Daarul Hijrah Al-Amin Samarinda. 1(4). Retrieved from https://lenteranusa.id/
Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, … Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304
Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 4(6), 11453–11462. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22460
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7119
Saputra, A. M. A., Wijayanto, G., Asri, H., & Novandalina, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks SINTA. Communnity Development Journal, 4(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21435
Rozali, C., Zein, A., & Eriana, E. S. (2024). Artificial Intelligence (AI) Dimasa Depan?: Tantangan Dan Peluang. Jitu: Jurnal Informatika Utama, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.55903/jitu.v2i1.177
Saumantri, T., Bisri, & Nawawi, F. (2024). Etika dalam Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) pada Generasi Z di Pondok Pesantren Syariful Anam Kota Cirebon. JURNAL ABADIMAS ADI BUANA, 7(02), 169–179. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a7916
Simonigar, J., Rotty, G. V., & Setijadi, N. N. (2023). Membangun Masyarakat 5.0 di Era Digital Melalui Pendidikan dan Komunikasi Berkelanjutan. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 1665–1676. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/jcm.v4i3.2448
Subroto, D. E., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 01(07), 473–480. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sucahyo, N., Warta, W., Khie, S., & Fitriyani, I. F. (2023). Transformasi Kepemimpinan yang Bersifat Profetik dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Society 5.0 yang Berkelanjutan. Community Development Journal, 4(2), 5287–5301.
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3).
Yulianti, E., Pratiwi, I. P., Suryati, Saluza, I., Marcelina, D., & Permatasari, I. (2024). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Produktivitas Guru Sekolah Dasar 13 Palembang. JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 8(2), 111–121. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4271
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aldi Bastiatul Fawait

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










