PENGENALAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE KEPADA SISWA DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA

Authors

  • Aldi Bastiatul Fawait Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Sitti Rahmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Sugiarto Sugiarto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • La Jupriadi Fakhri Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muh Jamil Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Yudhi Fajar Saputra Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Merlina Lidiana Arifin Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Nadia Keril Saputri Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38605

Keywords:

Kecerdasan Buatan, SMA, SDM, Sosialisasi, Teknologi

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang melibatkan sosialisasi mengenai Pengenalan Artificial Intelligence (AI) kepada siswa di lingkungan Sekolah Menengah Atas ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa-siswi SMA Negeri 9 Samarinda mengenai perkembangan teknologi terkait AI. Dalam proses sosialisasi ini, tujuannya adalah memberikan pemahaman mengenai kecerdasan buatan yang dirancang khusus untuk menangani permasalahan kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti proses pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Manfaat dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah agar siswa-siswi dapat lebih memahami kemajuan teknologi kecerdasan buatan di Indonesia dan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang berkualitas, seiring dengan pemahaman bahwa SDM dalam negeri tidak kalah dengan SDM luar negeri. Selain itu, diharapkan bahwa keberadaan Artificial Intelligence dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM di negara Indonesia. Hasil Pengabdian Pengenalan Artificial Intelligence Kepada Siswa di Lingkungan Sekolah Menengah Atas pada SMA 9 Negeri Samarinda dilakukan selama satu hari yang dihadiri oleh 34 peserta, 2 orang dosen, dan dibantu oleh mahasiswa program studi Ilmu Komputer Universitas Widyagama Samarinda hasil angket dari peyelenggaraan pengabdian ini didapatkan 7 pertanyaan yang hasilnya diatas 80% peserta yang artinya peserta setuju telah mendapat pengetahuan Pengenalan Artificial Intelligence dengan baik atau penyelenggaraan ini sudah dilaksanakan dengan sangat baik sekali.

References

Amin, B. Al, Agustina, C., Haryanto, W., & Nurohim, G. S. (2024). Pengenalan Artificial Intelligence Pada Pondok Pesantren Yatim Al Ikhsan Surakarta. Kesejahteraan Bersama: Jurnal Pengabdian Dan Keberlanjutan Masyarakat, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.62383/bersama.v1i2.158

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 05(04), 36–38.

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Astini, N. K. A. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. 113–120. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya

Franz, A., Maria, E., Rachmadani, B., Junirianto, E., Nurhuda, A., Maratul Khamidah, I., … Satria, B. (2023). Pelatihan Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Aktifitas Pembelajaran pada Sekolah Dasar Daarul Hijrah Al-Amin Samarinda. 1(4). Retrieved from https://lenteranusa.id/

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, … Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304

Mardikawati, B., Diharjo, N. N., Widyatiningtyas, R., Gandariani, T., & Widarman, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Mendeley untuk Penyusunan Karya Ilmiah: Pelatihan Interaktif Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 4(6), 11453–11462. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22460

Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7119

Saputra, A. M. A., Wijayanto, G., Asri, H., & Novandalina, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks SINTA. Communnity Development Journal, 4(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21435

Rozali, C., Zein, A., & Eriana, E. S. (2024). Artificial Intelligence (AI) Dimasa Depan?: Tantangan Dan Peluang. Jitu: Jurnal Informatika Utama, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.55903/jitu.v2i1.177

Saumantri, T., Bisri, & Nawawi, F. (2024). Etika dalam Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) pada Generasi Z di Pondok Pesantren Syariful Anam Kota Cirebon. JURNAL ABADIMAS ADI BUANA, 7(02), 169–179. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a7916

Simonigar, J., Rotty, G. V., & Setijadi, N. N. (2023). Membangun Masyarakat 5.0 di Era Digital Melalui Pendidikan dan Komunikasi Berkelanjutan. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 1665–1676. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/jcm.v4i3.2448

Subroto, D. E., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 01(07), 473–480. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Sucahyo, N., Warta, W., Khie, S., & Fitriyani, I. F. (2023). Transformasi Kepemimpinan yang Bersifat Profetik dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Society 5.0 yang Berkelanjutan. Community Development Journal, 4(2), 5287–5301.

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3).

Yulianti, E., Pratiwi, I. P., Suryati, Saluza, I., Marcelina, D., & Permatasari, I. (2024). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Produktivitas Guru Sekolah Dasar 13 Palembang. JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 8(2), 111–121. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4271

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Fawait, A. B. ., Rahmah, S. ., Sugiarto, S., Fakhri, L. J. ., Jamil, M. ., Saputra, Y. F. ., … Saputri, N. K. . (2024). PENGENALAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE KEPADA SISWA DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11805–11809. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38605

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.