SOSIALISASI LITERASI MEMBACA MELALUI CERITA RAKYAT DI SMP KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38596Keywords:
Sosialisasi, Literasi Membaca, Cerita RakyatAbstract
Urgensi literasi membaca di Indonesia, terutama dalam ranah pendidikan formal jenjang SMP menjadi alasan mendasar untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian sebagai upaya memberikan solusi konkret dalam mengatasi rendahnya minat baca. Melalui budaya literasi membaca, dapat menjadi sarana untuk menguatkan karakter bangsa dengan mempelajari cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai moral berdasarkan kearifan lokal. Hal tersebut, diwujudkan dengan kegiatan pengabdian berupa sosialisasi literasi membaca melalui cerita rakyat di SMP Kota Yogykarta yang diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang cerita rakyat sebagai penanaman nilai kearifan lokal, khususnya di daerah Yogyakarta sekaligus menjadi langkah baik agar dapat membangkitkan motivasi dan minat baca siswa. Sosialisasi literasi membaca melalui cerita rakyat dilakukan secara langsung bertatap muka dengan peserta yang terlibat. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya pemerolehan wawasan dan pengetahuan baru oleh para peserta, dari hasil perbandingan pengetahuan sebelum dan sesudah sosialiasi dilakukan. Proses rangkaian kegiatan sosialisasi literasi membaca melalui cerita rakyat, dapat menunjukkan adanya antusiasme dan ketertarikan oleh para peserta untuk dapat lebih mengetahui dan memahami isi serta nilai-nilai yang terkandung di berbagai cerita rakyat, khususnya daerah Yogyakarta.References
Fitroh, I., Rosidi, M. I., & Juniarti, G. (2024). SOSIALISASI MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI SMP NEGERI 2 GORONTALO. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2468-2473. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25453/18128
Gusnetti, S., & Isnanda, R. (2015). Struktur dan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V1. i2, 183, 192.
Hafizha, N., & Rakhmania, R. (2024). Dampak Program Penguatan Literasi pada Hasil Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 171-179. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6907
Karimah, A., Alfatikarahma, N., & Fauziah, A. (2024). Studi Literatur: Peran Penting Literasi Membaca dalam Upaya Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 623-634. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/670
Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase D untuk SMP/MTs/Program Paket B.
Khairil, K., Siregar, F. S., & Suprayetno, E. (2020). Budaya Literasi Anak Melalui Cerita Rakyat Sumatera Utara Di Kampung Nelayan Seberang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 121-129. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/5756
Masidayu, M., Deprizon, D., & Salman, S. (2024). Penerapan Metode Reading Guide untuk Meningkatkan Literasi Membaca. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2(1), 57-62. https://www.ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/1094
Oecd. (2023). Pisa 2022 Assessment And Analytical Framework. Oecd. Https://Doi.Org/10.1787/Dfe0bf9c-En
Robiah, Hendarman, & Hidayat, R. (2023). Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 528–539.
Romadhan, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Literasi Melalui Cerita Rakyat dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 81-88. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/206/134
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Intan Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










