PENDAMPINGAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI EFISIENSI DAN DIFERENSIASI PRODUK POO DONUTS

Authors

  • Imam Abrori Politeknik Negeri Jember
  • Via Lailatur Rizki Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38546

Keywords:

Diferensiasi Produk, Efisiensi Operasional, dan Produktivitas UMKM

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini berjudul Pendampingan Peningkatan Produktivitas Usaha Kecil Menengah melalui Efisiensi dan Diferensiasi Produk pada Poo Donuts. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM Poo Donuts dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas usahanya melalui pendekatan efisiensi operasional serta pengembangan inovasi produk. Menggunakan metode IMRATs (Introduction, Methodology, Results, and Discussion, and Conclusions), kegiatan ini diawali dengan identifikasi masalah dan analisis kebutuhan UMKM, khususnya dalam hal pengelolaan sumber daya, proses produksi, dan pemasaran. Tahapan berikutnya adalah pelatihan dan pendampingan intensif mengenai penerapan strategi efisiensi, mulai dari optimalisasi penggunaan bahan baku hingga pengurangan waktu produksi. Selain itu, pengembangan produk dilakukan dengan menciptakan varian donat yang unik dan sesuai denganitren pasar, yang bertujuan untukimeningkatkan daya tarik dan diferensiasi produk di mata konsumen. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan efisiensi produksi sebesar 20%, serta keberhasilan Poo Donuts dalam memperkenalkan varian produk baru yang meningkatkan minat konsumen. Kesimpulannya, melalui penerapan strategi efisiensi dan diferensiasi produk, Poo Donuts mampu meningkatkan produktivitas serta memperluas jangkauan pasar, yang diharapkan dapat mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM ini di masa depan.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Kabupaten Bondowoso Agustus 2023. https://bondowosokab.bps.go.id/id/pressrelease/2023/12/12/20

Farida, I., & Setiawan, D. (2022). Business Strategies and Competitive Advantage: The Role of Performance and Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 163. https://doi.org/10.3390/joitmc8030163

Fitriyana, N., & Hadithya, R. (2023). Analisis Digitalisasi Umkm Bidang Kuliner di Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. SMART – Study & Management Research, XX(3), 1–7.

Graciafernandy, M. A., Dewi, E., Amaliyah, E., & Semarang, U. (2024). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Kuliner. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 10(1), 77–88. https://doi.org/10.34203/jimfe.v10i1.9077

Heizer, J. and, & Render, B. (2014). Manajemen Operasi (Cetakan Ke). Salemba Empat.

Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding customer experience throughout the customer journey. Journal of Marketing, 80(6), 69–96. https://doi.org/10.1509/jm.15.0420

Odoom, R., Anning-Dorson, T., & Acheampong, G. (2017). Antecedents of social media usage and performance benefits in small- and medium-sized enterprises (SMEs). Journal of Enterprise Information Management, 30(3), 383–399. https://doi.org/10.1108/JEIM-04-2016-0088

PEREKONOMIAN, K. K. B., & INDONESIA, R. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Philip, Kotler; Kevin Lane, K. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Pearson Education, lnc.

Purnomo, A. (2019). Ekonomi Kreatif Dan Sektor Kuliner Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Pustaka Ilmu.

Riawati, N., Fitriati, R., Suryawati, D., Suji, S., & Helpiastuti, S. B. (2022). Pengembangan Ekonomi Lokal Kabupaten Bondowoso Melalui Kajian Potensi Klaster Industri Kecil. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11(2), 161–172. https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.34175

Sahetapy, J. P. (2013). Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado. Emba, 1(3), 411–420.

Sickles, R. C., & Zelenyuk, V. (2019). Measurement of productivity and efficiency: Theory and practice. Measurement of Productivity and Efficiency: Theory and Practice, May, 1–601. https://doi.org/10.1017/9781139565981

Subagjo, A. (2007). Manajemen pengolahan kue dan roti (Edisi 1). Graha Ilmu.

Taiminen, Heini; Karjaluoto, H. (2015). THE USAGE OF DIGITAL MARKETING CHANNELS IN SMEs. 22(4), 633–651.

Thong, J. Y. L., Yap, C. S., & Seah, K. L. (2000). Business process reengineering in the public sector: The case of the housing development board in Singapore. Journal of Management Information Systems, 17(1), 245–270. https://doi.org/10.1080/07421222.2000.11045634

Wright, M. J., Stern, P., Riebe, E., Wright, M., Stern, P., & Sharp, B. (2014). How to grow a brand?: Retain or acquire customers?? How to grow a brand?: Retain or acquire customers?? ?. Journal of Business Research, 67(5), 990–997. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2013.08.005

Yulianto, A. (2019). Dampak Penggunaan Teknologi Otomatisasi Terhadap Produktivitas Umkm Sektor Makanan Di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 145–160.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Abrori, I., & Rizki, V. L. . (2024). PENDAMPINGAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI EFISIENSI DAN DIFERENSIASI PRODUK POO DONUTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12145–12153. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38546

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.