PENGARUH CITRA WISATA DAN DAYA TARIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE ISTANA MAIMUN DI KOTA MEDAN

Authors

  • Fiona Odelia Manurung Politeknik Negeri Medan
  • Rismawati Rismawati Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38025

Keywords:

Citra Wisata, Daya Tarik, Keputusan Berkunjung

Abstract

Istana Maimun adalah ikon kota Medan yang memiliki daya tarik bagi wisatawan dengan sejarah dan kesenian sehingga menjadi pendorong majunya industri Pariwisata di kota Medan. Fenomena dalam penelitian ini adalah kunjungan wisatawan ke objek wisata Istana Maimun yang mengalami fluktuasi pada tahun 2022 dari bulan Januari hingga Desember. Faktor citra wisata dan daya tarik adalah dua faktor dari banyaknya faktor yang mempengaruhi keputusan berkunjung ke objek wisata Istana Maimun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur pengaruh citra wisata dan daya tarik terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata Istana Maimun di Kota Medan. Penelitian yang dilakukan menerapkan metode pendekatan kuantitatif. Data primer dieroleh melalui kuesioner dan studi pustaka. Jenis penelitian desktiptif meliputi uji validitas, uji asumsi klasik, uji reliabilitas, uji analisis koefisien determinasi (Adjusted R2), dan uji hipotesis (uji T, uji F) dengan jumlah responden 100 orang. Berdasarkan hasil uji T, citra wisata (X1) menunjukkan  nilai 2,199, variabel daya tarik (X2) menunjukkan nilai sebesar 9,411 dengan pengaruh yang lebih dominan. Hasil uji F menunjukkan nilai 76,162 dimana citra wisata dan daya tarik memiliki pengaruh yang simultan terhadap keputusan berkunjung (Y) dengan nilai adjusted R2 sebesar 60,3% dan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang di dalam penelitian ini tidak diteliti.

References

Apriliyanti, E., Hudayah, S., & Zainurossalamia, S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan. Jurnal Manajemen, 145-153.

Dayrobi, A., & Raharjo, S. T. (2020). Pengaruh Citra, Daya Tarik, Kualitas Pelayanan Obyek Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Wisatawan Eling Bening Kabupaten Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 19(2), 92-106. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i2.92-106

Hanif, A. (2016). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 38, 42-54.

Hardianti, Syahdanur, & Zaman, K. (2018). Analisis Keputusan Wisatawan dalam Berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(2), 1-7.

Huryati, R. (2015). An Analysis of Place Branding to Enhance the Image of Bandung. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Kemanusiaan, 8(1).

Kusuma, C. S. (2019). MICE- Masa Depan Bisnis Pariwisata Indonesia. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi, 52-62.

Lagautu, J., Soegoto, A. S., & Sepang, J. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Matahari Department Store Mantos. Jurnal EMBA, 7, 751-760.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Manurung, F. O., & Rismawati, R. (2024). PENGARUH CITRA WISATA DAN DAYA TARIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE ISTANA MAIMUN DI KOTA MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12068–12076. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38025

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.