INTENSIFIKASI PEMBINAAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA

Authors

  • Raodhatul Jannah IAIN Parepare
  • Herdah Herdah IAIN Parepare
  • Afriyono Afriyono IAIN Parepare
  • Muh Yasril Nasir IAIN Parepare
  • Muh. Atanda Musa IAIN Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37305

Keywords:

Pembinaan Bahasa Arab; Keterampilan Berbahasa, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang dianggap paling sulit untuk dipahami dan dipelajari. Sehingga hal ini tentu saja menjadi sebuah tantangan bagi para pendidik untuk menarik minat untuk belajar bahasa Arab serta mematahkan anggapan tersebut. Fenomena tersebut dapat dilihat pada peserta didik Madrasah Aliyah DDI Takkalasi, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang terletak di kabupaten Barru. Munculnya fonomena penurunan tingkat prestasi serta kurangnya minat peserta didik dalam pelajaran bahasa Arab. Kegiatan intensifikasi pembinaan bahasa Arab ini dapat menjadi wadah pengenalan atau sosialisasi pembelajaran bahasa Arab yang menarik dan menyenangkan. Pembinaan ini dilakukan selama delapan hari yang dilaksanakan dari pagi hingga sore hari, dengan jumlah peserta sebanyak 30 peserta didik. Kegiatan ini diawali dengan tahapan pretest, dan hasil dari pretest tersebut merupakan dasar dalam pengelompokan peserta ketika kegiatan berlangsung, serta menjadi pembanding dengan hasil posttest di akhir kegiatan.  Hasil dari kegiatan yang dilakukan menunjukkan bahwa semua peserta yang terdiri atas 30 orang terampil berbicara dan menjadi motivator bagi temannya yang tidak terlibat dalam kegiatan pengabdian ini. Bentuk evaluasi dilakukan secara lisan dengan memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk menceritakan aktifitas sehari-hari mereka dalam bahasa Arab, serta mampu membuat kalimat sederhana yang sering digunakan di sekolah maupun madrasah.

References

Erlangga, S. Y., Kuncoro, K. S., Ardilla, N., Winingsih, P. H., Lapiana, U. N. B., Yektyastuti, R., & Fitri, A. (2024). Psikologi Pendidikan. EDUPEDIA Publisher, 1–136.

Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter peserta didik. Nuansa Cendekia.

Herdah, Dasmarianti, & Jannah, R. (2023). Analysis of the Purpose and Principles of Learning Arabic. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(4), 564–569. https://doi.org/10.56338/ijhess.v5i4.4664

Hidayat, Y. (n.d.). Teori Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini.

Hughes, A. G., & Hughes, E. H. (2024). Psikologi pembelajaran: Teori dan terapan. Nuansa Cendekia.

Indriana, D., & Maksum, A. (2023). Implementation of The Special Arabic Language Learning Program (PKPBA) for New Student at The Tarbiyah and Teacher Training Faculty UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten| Implementasi Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Bagi Mahapeserta didik Baru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasnauddin Banten. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 3(1), 53–69.

Jannah, R., Herdah, H., & Muharram, S. (2024). Arabic Material Development Design Based on Local. 12(2), 6–9.

Ratnaningtyas, O., & Mufidah, N. (2023). Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab: Indonesia. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 1(2), 1–15.

Sultansyah, P., Laverdho, M. R., & Gustrianto, M. N. (2024). Pendekatan Kognitif Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 140–151.

Umam, L. H., Chodija, I. T., & Khurrohmah, M. (2023). ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INSTITUT AGAMA ISLAM DARUL AMAL (IAIDA) LAMPUNG. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan, 2(2), 46–60.

Wafiroh, H., & Muslimah, M. (2023). Psikososial Remaja Dalam Pemebelajaran Bahasa Arab Di Madarasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 17(2), 12–24.

Wala, W. (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pengajaran Bahasa Arab Peserta didik (Di SMPIT Buahati) Kec. Kramat Jati-Jakarta Timur. Waratsah: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Sosiolinguistik, 9(2), 75–99.

Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Jannah, R. ., Herdah, H., Afriyono, A., Nasir, M. Y. ., & Musa, M. A. . (2024). INTENSIFIKASI PEMBINAAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10984–10990. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37305

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.