MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH DI MAN 1 TABALONG

Authors

  • Syahrani Syahrani STAI Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37249

Keywords:

Manajemen, Implementasi, Kurikulum Madrasah, MAN

Abstract

Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan KMA 450 Tahun 2024 sebagai pengganti KMA 347 Tahun 2022 sebagai update pedoman implementasi kurikulum merdeka berbasis komunitas di semua jenjang madrasah seluruh Indonesia, sehingga perlunya manajemen khusus dalam implementasi kurikulum madrasah agar semua perubahan bisa terakomodir dan mencapai hasil maksimal.Dalam manajemen implementasi kurikulum madrasah di MAN 1 Tabalong hingga bulan November 2024 telah dilakukan 4 tahapan sebagai berikut: pembinaan kepegawaian berbasis kurikulum madrasah sesuai KMA 450 tahun 2024, bimbingan zoom kurikulum madrasah bersama Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin, monitoring awal implementasi kurikulum madrasah dan observasi praktek kurikulum madrasah

References

Abdi, A., Maulana, A., Mubarak, A., Humaidi, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di MI Tahfidz Anwaha. Humanitis: Jurnal Homaniora, Sosial dan Bisnis, 1(5), 506-520.

Ahmadi, S., & Syahrani, S. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran di STAI Rakha Sebelum, Semasa dan Sesudah Pandemi Covid-19. Adiba: Journal of Education, 2(1), 51-63.

Aida, A., Fitri, C., Hanna, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Data Kesiswaan Di Sekolah Paud KB Al Khair Desa Simpang Empat. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 705-715.

Aini, A., Ghaniyyurahman, A., Rijani, A., Amin, B., Said, M. L. Z., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Fasilitas Pendidikan Dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, 1(5), 366-377.

Alwi, A., Hidayatullah, H., Hermansyah, M., Wahyudi, M. D., Hudriyuddin, M., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Siswa Agamis Pada Man 2 Tabalong. Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, 1(5), 378-390.

Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298.

Annida, A., & Syahrani, S. (2022). Strategi Manajemen Sekolah Dalam Pengembangan Informasi Dapodik Di Internet. Educational Journal: General and Specific Research, 2(1), 89-101.

Anshari, M. R., Rahmad, R., Refki, R., Syamsul, S., & Syahrani, S. (2023). Menajemen Kinerja Guru PAI Terhadap Pengembangan Karakteristik Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 682-704.

Ariana, A., & Syahrani, S. (2022). Impelementasi Manajemen Supervisi Teknologi Di SDN Tanah Habang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 68-78.

Ariani, A., & Syahrani, S. (2021). Standarisasi Mutu Internal Penelitian Setelah Perguruan Tinggi Melaksanakan Melakukan Pengabdian Masyarakat. Adiba: Journal of Education, 1(1), 97-106.

Ariani, D., & Syahrani, S. (2022). Manajemen Pesantren Dalam Persiapan Pembelajaran 5.0. Cross-border, 5(1), 611-621.

Arsyad, M., Iqbal, M., Kadrida, M., Salman, M., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada MI Tahfidz Anwaha. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(6), 878-895.

Astuti, R., Khasanah, B. A., Sutriningsih, N., & Nurhasanah, D. (2024). Pengenalan Media Pembalajaran Berbasis Karakter untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. LITERA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 69-75.

Azhari, A. F., Aminullah, M., Ghani, M., Hidayat, M., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Untuk Meningkatkan Kinerja Sekolah Pada Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 3(6), 391-403.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Direktur Jenderal KSKK Madrasah, Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, Jakarta, Kementerian Agama RI, 2022

Dewi, A. K., Yani, F., Nida, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Ma Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Adiba: Journal Of Education, 3(4), 586-603.

Faizah, F., Hamdiah, H., Helda, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Perencanaan Kepala Sekolah Di MTs Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 670-681.

Faradila, A. N., Sholehah, D., Halimah, H., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Supervisi Pendidikan Di MTs Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 727-738.

Fatimah, H., & Syahrani, S. (2022). Leadership Strategies In Overcoming Educational Problems. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 282-290.

Fikri, R., & Syahrani, S. (2022). Strategi pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran di pondok pesantren rasyidiyah khalidiyah (Rakha) amuntai. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 79-88.

Fitri, A., & Syahrani, S. (2021). Kajian Delapan Standar Nasional Penelitian yang Harus Dicapai Perguruan Tinggi. Adiba: Journal of Education, 1(1), 88-96.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646.

Hamidah, H., Syahrani, S., & Dzaky, A. (2023). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 8 Hulu Sungai Utara. Fikruna, 5(2), 223-239.

Helda, H., & Syahrani, S. (2022). National standards of education in contents standards and education process standards in Indonesia. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 257-269.

Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 291-300.

Hidayati, A., Sakdiah, H., Aisye, I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Anak Di Madrasah Tsanawiah Anwaha Marindi. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(5), 857-877.

Husin, M., Saputra, M. R., Noor, M. R. F., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Guru Pendidikan Agama Islam Yang Berorientasi Dalam Pembelajaran Aktif Pada MI Tahfidz Anwaha. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 3(6), 374-390.

https://kemenag.go.id/ opini/kurikulum-merdeka-dan-madrasah-mandiri-berprestasi-WH2Mt

https://kemenag.go.id/ opini/ menelaah- peran- participatory- action- research- dalam- kurikulum-merdeka-wEtun

Ilhami, R., & Syahrani, S. (2021). Pendalaman materi standar isi dan standar proses kurikulum pendidikan Indonesia. Educational Journal: General and Specific Research, 1(1), 93-99.

Irpina, I., Anisa, N., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah Tabalong. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 649-669.

Jannah, F., Irtifa’Fathuddin, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 55-65.

Khair, A., Bukhari, A., Rahman, G. A., Amin, I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sistem Pendidikan Dalam Pengaplikasian Teknologi Digital Terhadap Pembelajaran Daring Pada Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(6), 926-941.

Kurniawan, M. N., & Syahrani, S. (2021). Pengadministrasi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 69-78.

Maulida, R., & Syahrani, S. (2022). Pengaruh Lingkungan Kos Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa STAI Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA) Amuntai. Al-gazali Journal of Islamic Education, 1(02), 118-134.

Musa, A., Zuhdi, M., Aldi, M., Muhsinin, J. I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Bakat Siswa Di MTSN 5 Hulu Sungai Utara. Humanitis: Jurnal Homaniora, Sosial dan Bisnis, 1(5), 521-534.

Najiah, A., Herni, H., Suci, I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di MI Tahfiz Anwarul Hasaniyyah. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 632-648.

Norhidayah, N., Sari, H. N., Fitria, M., Bahruddin, M., Mutawali, A., Maskanah, M., ... & Syahrani, S. (2022). Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Journal of Community Dedication, 2(1), 26-36.

Nurkhatiqah, A., Rahmatina, D., Istiqamah, I., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Komunikasi Antara Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MI Tahfidz Anwarul Hasaniyyah. Adiba: Journal Of Education, 3(4), 569-585.

Padlan, M., Sapitra, M., Saputra, M. H., Sairi, S., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTSS) Nurul Hikmah. Adiba: Journal Of Education, 3(4), 543-568.

Rahman, A. R., Muhaimin, A., Sauqi, A., Amin, A., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Waktu Terhadap Kualitas Belajar Siswa Di MTS Anwarul Hasaniyah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 3(6), 359-373.

Rasidah, J., Dzaky, A., & Syahrani, S. (2023). Pengaruh Pergaulan Terhadap Akhlak Siswa Di MTs Mathla'ul Anwar Tuyau. Fikruna, 5(2), 161-176.

Rasyid, M. A., Salman, M., Basir, M., Al Farid, M., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Konten Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Min 11 Hulu Sungai Utara. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(6), 896-911.

Reza, M. R., & Syahrani, S. (2021). Pengaruh Supervisi Teknologi Pendidikan Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Educational Journal: General and Specific Research, 1(1), 84-92.

Ridha, A., Bukhari, B., Abadi, M. I., Munadinor, M., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Pendidikan Untuk Peningkatan Mutu Guru Sekolah Dasar Di Sdn Wuran. Jip: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(6), 912-925.

Rifki, M., Syabri, S., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Efektivitas Media Pembelajaran Siswa–Siswi Di Madrasah Tsanawiyah Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 739-753.

Riska, R., Fauziah, Y., Hayatunnufus, I., Fatimah, S., Effendi, M., Rayyan, M., ... & Syahrani, S. (2022). Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Sungai Panangah Angkatan XXIII Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Journal of Community Dedication, 2(1), 37-47.

Sahabuddin, M., & Syahrani, S. (2022). Kepemimpinan pendidikan perspektif manajemen pendidikan. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 102-112.

Sogianor, S., & Syahrani, S. (2022). Model pembelajaran pai di sekolah sebelum, saat, dan sesudah pandemi. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 113-124.

Syahrani, S. (2019). Manajemen Pendidikan Dengan Literatur Qur’an. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 10(2), 191-203.

Syahrani, S. (2021). Anwaha's Education Digitalization Mission. Indonesian Journal of Education (INJOE), 1(1), 26-35.

Syahrani, S. (2022). Model Kelas Anwaha Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Masa Covid 19. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 38-47.

Syahrani, S. (2022). Strategi Pemimpin dalam Digitalisasi Pendidikan Anwaha Tabalong. AL-RISALAH, 18(1), 87-106.

Syahrani, S. (2023). Pendampingan Akreditasi Madrasah Aliyah Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10329-10335.

Syahrani, S. (2024). Pendampingan Perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas Di MAN 1 Tabalong. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4228-4235.

Syahrani, S., Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Pendidikan Nilai-Nilai Keikhlasan Bagi Santri Al-Madaniyah Jaro an Santri Anwaha Marindi Kabupaten Tabalong. Modernity: Jurnal Pendidikan dan Islam Kontemporer, 3(1), 19-26.

Syahrani, S., Fidzi, R., & Khairuddin, A. (2022). Model Penggodokan Keikhlasan Santri Anwaha Marindi Dan Almadaniyah Jaro. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(3), 1184-1192.

Syakbaniansyah, S., Norjanah, N., & Syahrani, S. (2022). Penyusunan Administrasi Guru. Al-Risalah, 17(1), 47-56.

Syarwani, M., & Syahrani, S. (2022). The Role of Information System Management For Educational Institutions During Pandemic. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 270-281.

Yanti, D., & Syahrani, S. (2022). Student management STAI rakha amuntai student tasks based on library research and public field research. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(3), 252-256.

Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba. Journal of Education, 1(1), 61-68.

Yarni, M., Ridha, M., Ruhi, M., Ramadani, M., & Syahrani, S. (2023). Manajemen Perpustakaan Sekolah MA Anwarul Hasaniyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 716-726.

Downloads

Published

2024-11-10

How to Cite

Syahrani, S. (2024). MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH DI MAN 1 TABALONG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10811–10820. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37249

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.