PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN AYYAM WAHDI PONDOKGEDE BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.36516Keywords:
Multimedia, Bahasa Arab, Pondok Pesantren Ayyam WahdiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Multimedia Pada Yayasan Pondok Pesantren Ayyam Wahdi, Pondok Gede, Bekasi”. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) Memaksimalkan fungsi pesantren sebagai sarana pendidikan kaum muslimin. 2) Meningkatkan kompetensi guru dalam memaksimalkan pembelajaran berbasis multimedia sehingga pembelajaran menjadi lebih berkualitas, menyenangkan, dan variatif. Oleh karena itu maka perlu adanya kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis multimedia. Kegiatan dibuat dalam bentuk workshop pelatihan membuat media pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Secara garis umum kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar, baik, dan sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta diketahui telah dapat menerima informasi dengan baik dan telah memiliki kemampuan serta keterampilan dalam penggunaan multimedia untuk memvariasikan media dalam pembelajaran. Dari kegiatan ini para guru dapat lebih mudah dalam melakukan pengajaran bahasa Arab dengan baik dan bervariasiReferences
Achla, A., Wahyuddin, W., & Deviana, A. D. (2023). Penggunaan Multimedia Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Martapura. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 22(2).
Ariyus, D. (2009). Keamanan multimedia. Yogyakarta: Andi.
Asmani, J. M. (2011). Tips efektif pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Baso, Y. S. (2008). Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa Arab. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48–54.
Kartini, K. (2010). Pendekatan Komunikatif (Al-Madhal Al-Ittishal) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL TAJDID, 2(1).
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.
Lestari, A. S. (2013). Pembelajaran multimedia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 84–98.
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 29–34.
Usamah, A., & Lutfi, A. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Canva Untuk SD Aisiyah Kuningan: Arabic Language Learning Based On Canva Multimedia For SD Aisiyah Kuningan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 63–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raden Ahmad Barnabas, Chakam Failasuf, Ikhwan Rahmat Bahtiar, Aziz Surya Anggara, Siska Febiyanti, Gina Rahmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.