PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN AYYAM WAHDI PONDOKGEDE BEKASI

Authors

  • Raden Ahmad Barnabas Universitas Negeri Jakarta
  • Chakam Failasuf Universitas Negeri Jakarta
  • Ikhwan Rahmat Bahtiar Universitas Negeri Jakarta
  • Aziz Surya Anggara Universitas Negeri Jakarta
  • Siska Febiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Gina Rahmani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.36516

Keywords:

Multimedia, Bahasa Arab, Pondok Pesantren Ayyam Wahdi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema “Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Multimedia Pada Yayasan Pondok Pesantren Ayyam Wahdi, Pondok Gede, Bekasi”. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) Memaksimalkan fungsi pesantren sebagai sarana pendidikan kaum muslimin. 2) Meningkatkan kompetensi guru dalam memaksimalkan pembelajaran berbasis multimedia sehingga pembelajaran menjadi lebih berkualitas, menyenangkan, dan variatif. Oleh karena itu maka perlu adanya kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis multimedia. Kegiatan dibuat dalam bentuk workshop pelatihan membuat media pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Secara garis umum kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar, baik, dan sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta diketahui telah dapat menerima informasi dengan baik dan telah memiliki kemampuan serta keterampilan dalam penggunaan multimedia untuk memvariasikan media dalam pembelajaran. Dari kegiatan ini para guru dapat lebih mudah dalam melakukan pengajaran bahasa Arab dengan baik dan bervariasi

References

Achla, A., Wahyuddin, W., & Deviana, A. D. (2023). Penggunaan Multimedia Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Muallimin Darussalam Martapura. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 22(2).

Ariyus, D. (2009). Keamanan multimedia. Yogyakarta: Andi.

Asmani, J. M. (2011). Tips efektif pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Baso, Y. S. (2008). Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa Arab. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48–54.

Kartini, K. (2010). Pendekatan Komunikatif (Al-Madhal Al-Ittishal) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL TAJDID, 2(1).

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.

Lestari, A. S. (2013). Pembelajaran multimedia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 84–98.

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 29–34.

Usamah, A., & Lutfi, A. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Canva Untuk SD Aisiyah Kuningan: Arabic Language Learning Based On Canva Multimedia For SD Aisiyah Kuningan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 63–72.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Barnabas, R. A., Failasuf, C. ., Bahtiar, I. R. ., Anggara, A. S. ., Febiyanti, S. ., & Rahmani, G. . (2024). PELATIHAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN AYYAM WAHDI PONDOKGEDE BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12322–12326. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.36516

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.