SOSIALISASI UNTUK MENGENALI DIRI SENDIRI DAN MENGGALI POTENSI DIRI DALAM PEMBERDAYAAN MAHASISWA

Authors

  • Yoana Nurul Asri Universitas Nurtanio Bandung
  • Sukmo Gunardi Universitas Nurtanio Bandung
  • Diwan Ramadhan Jauhari STAI Darul Falah
  • Lisa Astria Milasari Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36119

Keywords:

Pemberdayaan Mahasiswa, Pengembangan Diri, Potensi, Soft Skills

Abstract

Kegiatan sosialisasi untuk mengenali diri sendiri dan menggali potensi diri merupakan langkah penting dalam pemberdayaan mahasiswa. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran diri mahasiswa terhadap kekuatan, kelemahan, serta potensi yang mereka miliki, guna mengoptimalkan keterlibatan mereka dalam pengembangan diri dan kontribusi sosial. Melalui pendekatan soft skills, program ini terdiri dari sesi seminar, diskusi kelompok, serta latihan pengembangan diri yang dirancang untuk membantu mahasiswa lebih memahami minat, bakat, dan tujuan hidup mereka. Hasil dari program menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini mengalami peningkatan dalam hal pengetahuan dan kesadaran diri, serta kemampuan dalam mengidentifikasi langkah-langkah konkret untuk mengembangkan potensi diri mereka di lingkungan akademik dan sosial. Program ini juga menekankan pentingnya pengembangan soft skills seperti kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen diri, yang dianggap penting dalam mendukung kesiapan mahasiswa menghadapi tantangan di dunia kerja dan masyarakat. Dengan demikian, kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemberdayaan mahasiswa di masa depan.

References

Amri, M. (2022). Perspektif Mahasiswa Dalam Implementasi Mbkm Pada Kegiatan Plp Satu Semester Di Sekolah. In Aktualisasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, & Kampus Mengajar di Abad 21 M (Vol. 1, Issue 1).

APINDO. (2021). Penguatan Kebijakan Pengembangan Soft Menuju Industri 4.0. International Labour Organization, 0–152.

Arafat, Mulyati Ely, H. H., & Sri, A. (2023). Kepemimpinan Adaptif Dan Responsif. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Cahyorinartri, N. (2019). Motivasi Mahasiswa Berorganisasi Di Kampus. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 27–38. https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.14158

Ilham Bagaskara. (2020). Optimalisasi Sumber Daya Manusia.

Khumaeroh, A. A., & Djamaris, A. R. (2023). Analisis Sumber Internal dan Eksternal dalam Peningkatan Softskills Mahasiswa di Lingkungan Universitas Bakrie (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Semester Delapan Universitas Bakrie Tahun 2023). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 6(2), 133–148.

Lailatussaidah, L., Isti’adah, F. N. L., & Nugraha, A. (2021). Profile of self-awareness among junior high school students. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(2), 62–72. https://doi.org/10.21831/progcouns.v2i2.41189

Miftakhunajah, A., & Hapsari, M. S. (2022). Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change (Inisiator, Educator, Motivator, Implementori) dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Lingkungan Kampus, Keluarga, Masyarakat Nasional Internasional. Modul Program Studi Diploma Tiga Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, 6.

Mouchrek, N., & Benson, M. (2023). The theory of integrated empowerment in the transition to adulthood: concepts and measures. Frontiers in Sociology, 8. https://doi.org/10.3389/fsoc.2023.893898

Mustofa, I. (2020). Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Melalui Service Learning (Evaluasi Progam Kuliah Pengabdian Masyarakat Stai Darussalam Nganjuk). Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 6(2), 14–41.

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. Jipsindo, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954

Rosa, F., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2024). PENGEMBANGAN SOFT SKILL PESERTA DIDIK DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM ASSALAM.

Spanner, L., & Minds, S. (2020). Student Engagement and Empowerment in Higher Education: Perspectives of students in England Student Engagement and Empowerment in Higher Education: Perspectives of students in England Leigh Spanner Green Templeton College University of Oxford This dissertation submitted for the degree of Master of Science August 2017. November.

Susilowati, R., Riauwati, J., Asri, Y. N., Shandy, S., & Bernutrisi, M. (2024). MELALUI PRAKTIK PEMBERIAN MAKANAN. Communnity Development Journal, 5(3), 5012–5018.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234. https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf

Triadi, I., & Rahma, A. A. (2024). Pemberdayaan Mahasiswa Sebagai Salah Satu Komponen Dalam Usaha Bela Negara Di Bidang Pencerdasan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia Irwan Triadi Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Ja. Jurnal Ilmu Pertahanan, Politik Dan Hukum Indonesia, 1(2), 1–13.

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Asri, Y. N. ., Gunardi, S. ., Jauhari, D. R. ., & Milasari, L. A. . (2024). SOSIALISASI UNTUK MENGENALI DIRI SENDIRI DAN MENGGALI POTENSI DIRI DALAM PEMBERDAYAAN MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10048–10053. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36119

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.