KEGIATAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 (BERTUKAR SEMENTARA BERMAKNA SELAMANYA)

Authors

  • Parlindungan Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Surya D Pardede Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Asnita R Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ellen Ferrarista Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Putri Ayu N Hutapea Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16741

Keywords:

Kegiatan Pmm, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Mbkm

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan mahasiswa dalam melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Perubahan perkembangan pendidikan di era 4.0 menjadi konsep dalam Kampus Merdeka. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu pulau ke pulau lainnya untuk mendapatkan pengalaman dengan sistem kredit ±20 SKS . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan pertukaran mahasiswa dalam mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang terpilih di penempatanUniversitas Diponegoro. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian tentang kegiatan pertukaran mahasiswa mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu: mahasiswa berkesempatan menjelajahi dan mengunjungi provinsi lain, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar Perguruan tinggi asal, mahasiswa mampu menambah relasi, mahasiswa mampu mengenal dan memahami kebudayaan luar daerah, mahasiswa mampu meningkatkan kebhinekaan dan toleransi, serta mahasiswa mendapatkan konversi sks. Motivasi mahasiswa menjadi bagian dari terlaksananya dan suksesnya kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka selama ini.

References

Anwar, R. N. (2022). Manan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1106–1111. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Indriati, D., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2022). Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa dalam Kelas Multikultural. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 142–147. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46036

Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 245–251. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4353

Journal, C. D., Simanjuntak, A. G., Hutasoit, J., Hutauruk, C., Manurung, R., Sosial, K., & Bali, D. P. (2023). UNDIKSA DI DESA PEDAWA BALI. 4(2), 2458–2463.

Jumansyah, J., Palupi, A., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(1), 36. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023

https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/16745055294361-Apa-itu-MBKM-Mandiri-

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Sitorus, P. ., Nainggolan, J. ., Pardede, S. D. ., Pasaribu, A. R. ., Panjaitan, E. F. ., & Hutapea, P. A. N. . (2023). KEGIATAN PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 (BERTUKAR SEMENTARA BERMAKNA SELAMANYA). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5799–5803. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16741