SEMINAR DAN WORKSHOP PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DAN PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA : TEORI DAN PRAKTIK

Authors

  • Yuniarsih Yuniarsih
  • Dwi Astuti Retno Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Gita Ayu Sarassanti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.35920

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa Jepang, Lintas Budaya

Abstract

Pemahaman budaya penting dalam mempelajari bahasa Jepang untuk keberhasilan komunikasi antara penutur dan mitra tutur. Setiap budaya memiliki ciri khas yang berbeda, yang dapat menimbulkan persepsi berbeda terhadap budaya lain. Untuk mengatasi perbedaan ini, diperlukan pemahaman lintas budaya. Dengan memahami keterkaitan antara bahasa dan budaya, pembelajar bahasa Jepang dapat mengurangi permasalahan saat berinteraksi dengan orang Jepang. Kegiatan PPM ini dilakukan secara offline dalam bentuk seminar dan workshop. Seminar diisi oleh Fukunaga Yuka, Ph.D., yang memaparkan teori pemahaman lintas budaya dan pendidikan bahasa Jepang, serta empat narasumber lainnya dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Bahasa Jepang, yaitu Fatmawati membahas masalah komunikasi di tempat kerja bagi staff yang bukan penutur asli bahasa Jepang, Parastuti membahas tentang pemahaman lintas budaya bagi mahasiswa magang, Sherly membahas mengenai strategi komunikasi dan adaptasi budaya peserta magang di Jepang, dan Lisda membahas tentang penanda wacana. Setelah itu, Fukunaga Yuka, Ph.D. memberikan seminar kedua tentang praktik pemahaman lintas budaya. Selanjutnya, diadakan workshop berupa FGD (Forum Group Discussion) yang dibagi menjadi empat kelompok, dipimpin oleh masing-masing narasumber, dengan hasil diskusi dipresentasikan oleh perwakilan anggota. Sebelum kegiatan PPM selesai, para peserta mengisi kuesioner yang berisi tanggapan terhadap pelaksanaan kegiatan PPM serta pandangan mereka tentang pembelajaran yang berfokus pada pemahaman lintas budaya. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya antusiasme dan peningkatan pemahaman peserta dalam mempelajari pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran bahasa Jepang serta terintegrasi dalam setiap mata kuliah.

References

Abdul Chaer, A.L. (1995). Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Rineka Cipta.

Aitchison, J. (2008). Linguistics : Hodder Headline.

Busri, H., Irawati, R. P., & Nawawi, M. (2016). (Pemahaman Lintas Budaya) Dalam Bahan Ajar Nusus Adabiyyah (Analisis Teks Sastra). 33, 35-58.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Danasasmita, W. (2014). (PDF) Guru Bahasa Jepang di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Adz kia –Academia.edu. 1-15

Komisarov, K. (2018). Cross-cultural communication and the Japanese language education, 27.

Mansoer, P. (2001). Semantik Leksikal. Rineka Cipta.

Nityasari D, M. E., Sadyana, I. W., & Antartika, I. K. (2017). Konsep Perbandingan Lintas Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Berpendekatan Saintifik di SMA Negeri 4 Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. JPBJ, Vol. 3 No. 1 Juni 2017. ISSN: 2613-9618. 31

Purwono, P. Y., & Aster, P.V. (2021). Pembelajaran BIPA dengan Aplikasi Awan Asa Berbasis Pengenalan Lintas Budaya. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17 (1), 97-107

Setyanto, A. (2013). Pentingnya Penelitian dan Pemahaman Perbedaan Budaya Jepang dan Budaya Indonesia Kajian Nonverbal Communication.

Srinawati, R. ., Tamalene, A. S. ., Pamuti, P., Hasanuddin, M. I., Rahayu, W. ., & Ansar, A. . (2024). Pendidikan Lintas Budaya Sejak Dini Sebagai Upaya Meminimalisir Bullying di Sekolah Dasar. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7719–7724. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32093

Sumarsono. (2002). Sosiolinguistik. Lembaga Studi Agama, Budaya dan Perdamaian.

Tjaturrini, D. (2014). Pengaruh Budaya Dalam Pembelajaran Bahasa (Asing). Tersedia pada http:// eprints.undip.ac.id/54567/ (diakses tanggal 22 Desember 2022).

Wardhaugh, R. (1986). An Introduction to Sosiolinguistics. Basil Blackwell.

Yu, D. (2022). A Study on the Cross-Cultural Literacy Among College Japanese Learners. Internasional Journal of Education, Culture and Society, 7 (4), 227.

Yuniarsih, Y., Lestari, D. A. R. ., Prasetio, V. M. ., Agustina, E. T. ., Khairunnisa, N. ., Irsyad, M. A. ., Santosa, E. A. ., & Aulia, A. Z. . (2024). Pemasaran Produk Bertuliskan Kanji Berbasis Digital di Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6762–6767. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32067

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Yuniarsih, Y., Lestari, D. A. R. ., & Sarassanti, G. A. . (2024). SEMINAR DAN WORKSHOP PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DAN PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA : TEORI DAN PRAKTIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12297–12304. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.35920

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.