PENDAMPINGAN KELUARGA DALAM MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK PADA 1000 HARI PERIODE EMAS MELALUI AKTIVITAS TERAPI BERMAIN DAN GIZI SEIMBANG DI DESA BATU BELUBANG KABUPATEN BANGKA TENGAH

Authors

  • Kartika Kartika Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
  • Ashar Abilowo Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
  • Ratmawati Ratmawati Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
  • Emilia Emilia Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35875

Keywords:

Terapi Bermain, Gizi Seimbang, Anak Usia Dini, Tumbuh Kembang Anak.

Abstract

Masa-masa usia dini pada anak merupakan masa “golden age period”, merupakan periode emas yang berpengaruh pada seluruh aspek perkembangan manusia, baik fisik, kognisi emosi maupun sosial. Desa Batu Belubang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Padang Baru Kabupaten Bangka Tengah. Berjarak sekitar 18 KM dari kota Pangkapinang. Pendampingan Keluarga dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak dalam 1000 hari periode emas melalui aktivitas bermain dan gizi seimbang di anggap penting karena dilihat dari fungsi dan tujuan nya bahwa usia Balita memiliki kebutuhan gizi yang harus terpenuhi serta stimulasi dalam bentuk terapi bermain yang harus bisa diberikan kepada keluarga dengan anak balita sehingga dapat  meningkatkan tumbuh kembangnya dengan optimal. Diharapkan dengan pemberian edukasi ini, keluarga dapat menerapkan terapi bermain dan gizi seimbang kepada anak-anaknya dengan tujuan mengoptimalkan tumbuh kembang anak

References

Achadi, E. L. (2014). Periode Kritis 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Dampak Jangka Panjang terhadap Kesehatan dan Fungsinya. FKM UI.

Ganong, W. F. (2008). Fisiologi Kedokteran (Review of Medical Physiology) (22nd ed.). Jakarta: EGC.

Lee, K & Johnson, S.A. (2007). Child development in cultural Contexts:

implications of cultural psychology for early childhood teacher education. Early Childhood Education Journal. 35, 233-243.

Goldin-Meadow, S. (2008). Theories of Language Acquisition. In M.W.Haith &

J.B. Benson (eds.), Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development, Oxford: Elsevier Ltd.

Malik, A. Sarwar, M. & Khan, N. (2010). Identification of the social development

in early childhood in Paskistan. Journal of College Teaching and Learning. 7(6), 39-48.

Mashar, R. (2007). Modul “Aku anak Ceria” untuk meningkatkan keterampilan

social anak. Tesis. (Tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Univeritas Gadjah Mada.

Moleong, J.L. (2002). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Morrison, J.W. (2004). Under colonialism to democratization: early childhood development in Ghana. International Journal of Early Childhood, 32(2), 24 – 31.

Mönks, F.J, Knoers, A.M.P & Haditono, S.R. (2004). Psikologi Perkembangan

Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Marcdante, K. J., Kliegman, R. M., Jenson, H. B., & Behrman, R. E. (2011). Ilmu

Kesehatan Anak (6th ed.). Jakarta: Terjemahan oleh IDAI.

Soetjiningsih. (2008). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Syarif, R., Dewi, E., Mexitalia, M., & Soedarjati, S. (2011). Nutrisi Pediatrik dan Penyakit Metabolik. Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Walker, P. (2011). Pijat Bayi untuk merangsang Tumbuh Kembang dan Terapi kesehatan (Cetakan Pertama). Jakarta: Puspa Swara.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Kartika, K., Abilowo, A. ., Ratmawati, R., & Emilia, E. (2024). PENDAMPINGAN KELUARGA DALAM MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG ANAK PADA 1000 HARI PERIODE EMAS MELALUI AKTIVITAS TERAPI BERMAIN DAN GIZI SEIMBANG DI DESA BATU BELUBANG KABUPATEN BANGKA TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9735–9739. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35875

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.