STRATEGI PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR SDN 06 INDRALAYA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35642Keywords:
Pegembangan Koleksi, Perpustakaan Sekolah dan AnalisisAbstract
Perpustakaan SDN 06 Indralaya adalah perpustakaan Sekolah, Yang mana dalam pengelolaan perpustakaan sekolah tidaklah sama dengan perpustakaan perguruan tinggi. namun pada prinsipnya tetaplah menerapkan prinsip pengelolaan perpustakaan dan pengembangan koleksi, namun akibat tidak adanya pengembangan koleksi pada perpustakaan SDN 06 Indralaya Utara menjadikan koleksinya tidak relevan dengan kebutuhan dan banyak koleksi yang di display tidak terolah bahkan belum ada nomor panggil. Dengan metode penelitian Deskriptif kualitatif yang mana penulis menjabarkan hasil observasi dan memberikan inspirasi dengan menampilkan contoh perpustakaan Daerah Muara Enim. Jadi diperolah kesimpulan bahwa perlunya penyiangan serta stock opname, sehingga mengetahui jumblah pasti koleksi perpsutakaan pada perpustakaan SDN 06 Indralaya Utara, namun ini perlu tenaga yang banyak dan tidak selesai dalam 1 – 2 hari saja, perlu berhari – hari. Maka dari itu perlunya bantuan pula dari para-Guru dan Kerjasama tidak cukup hanya mengandalkan pustakawannya sajaReferences
Afian, T., & Saputra, R. D. A. (2021). Inovasi fasilitas perpustakaan sekolah dasar dalam
meningkatkan minat baca. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang
Administrasi Pendidikan, 9(1), 6-12.
Gregory, V, L., (2018) Collection Development and Management for 21st Century
Library Collections, Chicago: ALA Neal-Schuman, an imprint of the
American Library Association
Hasan, M., Nurtrida, N., Arisah, N., & Nuraisyiah, N. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience (JES), 9(1), 121-133.
Hidaya, A. S. (2020). Teori SR Ranganathan Five Laws of Library Science Dalam Pengembangan
Koleksi Perpustakaan. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(1), 18-30.
Ikoja-Odongo, R., & Mostert, J. (2006). Information seeking behaviour: a
conceptual framework. South African journal of libraries and information science, 72(3), 145-158.DiaksesMelalui https://hdl.handle.net/10520/EJC139832
Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun
Tentang Perpustakaan. LN.2007/NO.129, TLN NO.4774, LL
SETNEG : 27 HLM. Diakses melalui https://peraturan.bpk.go.id/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007
Kemendikbud Ristek, Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.i
P. P. N. R. I. (2). tahun 2019 Tentang Perubahan atas peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Nasional. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Pedoman Penulisan Skripsi, (2021). Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, (Pedoman ini digunakan sebagai acuan penulisan footnote)
Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesianomor 2 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 3 Tahun 14 2016 Tentang Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Nasional. Diakses Melaluihttps://peraturan.go.id/id/perpusnas-no-2-tahun-2019
Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(01).
Salsabila, R., Winoto, Y., & Kurniasih, N. (2024). Strategi Pengembangan Koleksi Digital Di Perpustakaan Badan Riset Dan Inovasi Nasional. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 170-179. Diakses Melalui DOI: https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1101
Samsu, Samsu. "Metode Penelitian:(Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed
Methods, Serta Research & Development)." (2021).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rohmaniyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










