PELATIHAN LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KREATIFITAS DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP GURU-GURU DI MTsS NURUL QUR’AN DIERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Zuraini Zuraini Universitas Almuslim
  • Eli Nofriati Universitas Almuslim
  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim
  • Zulhelmi Zulhelmi Kementerian Agama Kabupaten Bireuen

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35531

Keywords:

Literasi Digital, Kreativitas Pembelajaran, Era Society 5.0

Abstract

Literasi digital mencakup berbagai keterampilan seperti memahami dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, mengelola data dan informasi digital, berkomunikasi melalui platform digital, serta menerapkan prinsip-prinsip keamanan dan privasi dalam dunia digital. Tujuan pelatihan Ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kemampuan guru di MTsS Nurul Qur’an dalam menggunakan teknologi digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta membangun kreatifitas dalam pembelajaran. Tujuan pelatihan Ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kemampuan guru di MTsS Nurul Qur’an dalam menggunakan teknologi digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta membangun kreatifitas dalam pembelajaran. Solusi yang akan dilaksanakan adalah dengan mengadakan pelatihan literasi digital serta sosialisasi aplikasi atau platform yang sering digunakan dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaraan saat ini. Metode peneltian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif adalah studi kasus di MTsS Nurul Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru MTsS Nurul Qur’an sangat termotivasi dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini serta dapat mengimplementasikan dengan  kreatifitas pembelajaran dengan baik melalui Literasi Digital.

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Zuraini, Z., Nofriati, E. ., Hayati, R. ., & Zulhelmi, Z. (2024). PELATIHAN LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN KREATIFITAS DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP GURU-GURU DI MTsS NURUL QUR’AN DIERA SOCIETY 5.0 . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9454–9459. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35531

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.