PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PUBLIKASI DOSEN MELALUI SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Authors

  • Mhd Riza Marjoni Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi
  • Anugrah Putra Pharmaheri Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi
  • Indrie Ramadhani Akademi Farmasi Dwi Farma Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35526

Keywords:

Tridharma, Riset, Dosen, Publikasi, Produktif

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan tinggi sangat berdampak terhadap kualitas proses pengajaran dan kualitas dari lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Kualitas pendidikan tinggi tidak lepas dari kapasitas dan kemampuan dari tenaga pengajar, yakni dosen dalam terus mengasah dan meningkatkan kemampuannya. Seorang dosen memiliki kewajiban tridharma pendidikan tinggi yang akan selalu mengikat menjadi beban kerja bagi dosen tersebut. Sering kali dosen hanya berpikir bahwa kinerjanya ditentukan dari kualitas pengajaran yang ia berikan pada mahasiswa ketika mengajar di kelas atau kualitas penyampaian materi ketika ia diundang sebagai narasumber atau fasilitator pada seminar umum atau pelatihan yang diadakan baik itu oleh kampus atau lembaga eksternal lainnya. Namun kualitas dari riset yang dihasilkan si dosen sangat berpengaruh terhadap kualitas materi ajar yang ia sampaikan di kelas. Akan terjadi pengayaan dan tercipta bobot ajar yang mumpuni ketika dosen mengkombinasikan hasil dari kebaharuan risetnya dengan materi ajar teoritis. Pada tanggal 25 Mei 2024 diadakan seminar Pengabdian Masyarakat dengan judul “Produktif Publikasi Bagi Dosen”. Seminar mengupas tuntas tips dan trik serta strategi bagaimana agar seorang dosen ditengah kesibukannya dalam mengajar dan mengurusi beban adimnistrasi kampus, masih tetap dapat mengelola waktunya dengan baik untuk melakukan riset dan publikasi. Seminar juga membahas bagaimana hasil riset dan publikasi tidak hanya berdampak bagi kenaikan pangkat kedosenan atau pengurusan BKD (Beban Kerja Dosen) namun juga berdampak terhadap perluasan wawasan dan peningkatan mutu bahan ajar yang akhirnya dirasakan oleh mahasiswa dan berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan tinggi.

References

Darmadi, H. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.

Faizah, U. (2020). Strategi meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah dosen. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 259-265. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i3.1207

Haryanto, E., Sulistiyo, U., Khairani, M., & Wulan, R. (2019). Indonesian or English? EFL student teachers' preference and perception on the language use in the classroom. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 167-176. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i1.15240

Kemenristekdikti. (2019). Pedoman operasional penilaian angka kredit kenaikan jabatan akademik/pangkat dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Munir, M. A. (2018). strategi pendidikan islam dalam menghadapi Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 122-139.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Prahmana, R. C. I., Kusumah, Y. S., & Darhim, D. (2016). Keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian pendidikan matematika melalui pembelajaran berbasis riset. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.8

Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., ... & Mahmudah, K. (2023). LANDASAN PENDIDIKAN: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rahardja, U., Aini, Q., & Khoirunisa, A. (2019). Monitoring kinerja user akuntan menggunakan dashboard pada web based accounting online di perguruan tinggi. SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, 5(2), 137-146. https://doi.org/10.33372/stn.v5i2.595

Simarmata, J. (2020). Prototipe buku ajar berbasis riset untuk perguruan tinggi. Yayasan Kita Menulis.

Witarto, A. B. (2018). Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah Indonesia. Jurnal Biotek Medisiana Indonesia, 7(1), 1-6. https://doi.org/10.22435/jbmi.v7i1.298

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Marjoni, M. R., Pharmaheri, A. P. ., & Ramadhani, I. . (2024). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PUBLIKASI DOSEN MELALUI SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9429–9432. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35526