PENDAMPINGAN PELATIHAN KARYA TULIS ILIMIAH BAGI SISWA KELAS XII ILMU ALAM SMA NEGERI 1 WAIGETE

Authors

  • Yustina Yesisanita Yeyen Universitas Nusa Nipa
  • Paulina Nelce Mole Universitas Nusa Nipa
  • Agustina Elizabeth Universitas Nusa Nipa
  • Kristiana Nathalia Wea Universitas Nusa Nipa
  • Maria Enjelina Suban Universitas Nusa Nipa
  • Bertolomeus Haryanto Agung Universitas Nusa Nipa
  • Maria Bernadetha Dua Riong Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35313

Keywords:

Penulisan, Karya Tulis Ilimiah, Pelatihan.

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan terlebih dalam penentuan kelulusan di tingkat sekolah menengah. Akan tetapi pemahaman siswa akan karya tulis ilimiah masih sangat rendah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk dapat menjadi solusi dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait karya tulis ilmiah dan pelatihan tentang cara menentukan permasalahan dari suatu topik dan menuliskannya dalam bentuk suatu karya ilmiah dengan menggunakan sistematika penulisan yang benar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participatory Rural Appraisal (PRA), yang melibatkan peserta secara aktif dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi. Pelatihan diberikan melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab yang disampaikan oleh tim pengabdian dari Prodi Pendidikan Fisika Unipa pada bulan Maret - April 2024 dengan diikuti oleh 25 siswa. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari antusisme dan peningkatan pemahaman tentang penulisan karya ilmiah yang lebih baik dari sebelumnya.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Yeyen, Y. Y. ., Mole, P. N. ., Elizabeth, A. ., Wea, K. N. ., Suban, M. E. ., Agung, B. H. ., & Riong, M. B. D. . (2024). PENDAMPINGAN PELATIHAN KARYA TULIS ILIMIAH BAGI SISWA KELAS XII ILMU ALAM SMA NEGERI 1 WAIGETE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9156–9161. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35313