PENDAMPINGAN PENULISAN CERPEN BAGI SISWA MTS MIFTAHUL ULUM BULU BALEN BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35227Keywords:
Pendampingan, Cerpen, SiswaAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa dalam menulis cerita pendek budaya dalam bentuk pendampingan yang dilakukan oleh tim PKM Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Kegiatan ini sendiri menjadi bagian penting dalam tridarma perguruan tinggi yang digaungkan dan ditradisikan. Peserta dalam pendampingan ini berjumlah 50 orang yang masuk dalam kelas penulisan cerita pendek. Kegiatan ini sendiri dilakukan selama 8 pertemuan aktif dalam kelas.References
Hafifa, N. S. (2021). “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif melalui Strategi Pemodelan” dalam Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 5(2), 60–66.
Hasan Suaedi, Yeni Mardiana, Mochamad Hatip, Uswatun Hasanah, “Pelatihan Menulis Cerpen Bertema Fantasi Bagi Siswa Di Yayasan Nurussalam Wonoasri Jember” dalam Jurnal Abdi Indonesia Vol. 3 No.1 (2023), 63-74
Kerina, Yinka Loliek Kania Atmaja, Eli Rustinar “Pendampingan Menulis Cerpen Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Program Klub Literasi Sekolah dalam Jurnal Communnity Development Journal Vol.4 No. 3 Tahun 2023, Hal. 6721-6726
Toha-Sarumpaet, R. K. (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Wahyudi, Agus dan Juanda “Keterampilan Menulis Puisi Dengan Teknik Brainwriting Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah” dalam jurnal VOKAL, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.2 No. 1 Mei (2023).
Ibrahim, dkk. 2021. Pelatihan Menulis Cerpen di SMP Muhammadiyah Cisalak. Prosiding Abdimasmu. 2(2). pp. 426-433
Juliati, dkk. 2021. Peningkatan Minat Sastra Melalui Keterampilan Menulis Cerpen di SMPN Satu Atap 4 Purba Sumatra. Pokedimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 1(2). pp. 119-126.
Nur. dkk. 2020. Pelatihan Menulis Cerpen Remaja pada Siswa SMP Negeri 8 Kota Tanngerang Selatan. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Masyarakat. 2(2). pp. 148-161 Puspita Risda. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Teknik Terbimbing dengan Media Cerpen. Jurnal Sarsvati. 2 (1). pp. 79-88.
Rasyid Yulianti, Yenni Hayati, dan Yasnur Asri. 2019. Pelatihan Menulis Cerpen Berbasis Model Picture and Picture untuk Siswa SMP. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni. 20(2). pp. 88-98
Sismulyasih, Nugraheti. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching pada Mahasiswa PGSD Unnes. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 4 (1). pp. 64-70
Washadi, dkk. 2021. Pelatihan Menulis Puisi dan Cerpen di Kalangan Ikatan Pemuda Nahdatul Ulama (IPNU) Daerah Kota Tangerang Selatan. Pokedimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2). pp. 174-180
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Manshur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.