OPTIMALKAN PEMAHAMAN DATA DENGAN DASHBOARD MELALUI PELATIHAN VISUALISASI DATA UNTUK SISWA SMA N 1 KEMBANG JEPARA

Authors

  • Alwan Fadlurohman Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Fatkhurokhman Fauzi Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Febi Anggun Lestari Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Albertus Dion Sarah Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34893

Keywords:

Dashboard, Grafik, Google, Siswa, Visualisasi.

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan memasuki era revolusi industri 4.0, pemanfaatan teknologi dalam aktivitas manusia semakin meningkat. Data kini menjadi aset berharga, dan kemampuan dalam mengumpulkan, menganalisis, serta menginterpretasi data telah menjadi keterampilan krusial dalam dunia kerja dan pendidikan. Pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan generasi mendatang untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Di SMAN 1 Kembang Kabupaten Jepara, terdapat beberapa masalah utama, yaitu keterbatasan akses dan pemahaman siswa mengenai data, kurangnya pengalaman dalam visualisasi data, dan minimnya pemahaman tentang manfaat visualisasi data. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai data dan teknik visualisasi melalui penyampaian materi konseptual tentang konsep data dan visualisasi, penggunaan Google Data Studio, dan pembuatan dashboard visualisasi. Pelaksanaan PKM ini menggunakan metode interaktif dan demontrasi kepada siswa kelas 11 SMAN 1 Kembang sebanyak 20 orang. Hasil PKM menunjukkan bahwa siswa mampu meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep dasar data, jenis-jenis data, dan pentingnya visualisasi data. Siswa juga menunjukkan kemajuan yang baik dalam keterampilan teknis terkait penggunaan Google Data Studio untuk mengolah dan memvisualisasikan data. Mereka berhasil menerapkan berbagai fitur untuk menyusun grafik, diagram, dan visualisasi lain yang sesuai dengan data yang diberikan. Hasil visualisasi ini memperlihatkan kemampuan siswa dalam menyajikan data dengan cara yang informatif dan menarik.

References

Nugroho, D., & Purwati, E. (2024). Pemanfaatan Google Data Studio untuk Visualisasi Nilai E-Raport SMAN 1 Gamping. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1079-1084. https://doi.org/10.59837/6ry4xp55.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1),121-125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622.

Nurlaily, D., Silfiani, M., Sari, S.P., & Amrullah, A.T. (2022). Pelatihan Visualisasi data Menggunakan Google Data Studio. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 161-166. https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v1i4.401.

Idrus, A., Sugiyanta, L., Nugraheni, M., Zanetti, E.A., Nisa, R.A., & Syadila, S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Data Studio Untuk Visualisasi Data Bagi Para Guru SMKS Yapinuh Muara Gembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Jurnal TUNAS: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 46-50. http://dx.doi.org/10.30645/jtunas.v5i1.104.

Saputri, T.A., & Muharni, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Daring dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada IAIN Metro. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusar Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 37-44. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v5i2.1648.

Fernando, D. (2018). Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio. Prodising Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi (SNARTISI), Vol. 1.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Fadlurohman, A. ., Fauzi, F. ., Lestari, F. A. ., & Sarah, A. D. . (2024). OPTIMALKAN PEMAHAMAN DATA DENGAN DASHBOARD MELALUI PELATIHAN VISUALISASI DATA UNTUK SISWA SMA N 1 KEMBANG JEPARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8830–8836. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34893

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.