PENINGKATAN KREATIVITAS KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA PONPES AL QURTUBIYAH TEGAL UNTUK MEWUJUDKAN EKOSISTEM EKONOMI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34525Keywords:
Kreativitas, Keterampilan, Kewirausahaan, Ekosistem Ekonomi DigitalAbstract
Pendidikan kewirausahaan di berbagai jenjang pendidikan penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan atau kompetensi abad ke-21 para peserta didik. Kendala yang dihadapi mitra minimnya pengetahuan dan keterampilan berwirausaha, para santri belum memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai terkait kewirausahaan, khususnya bidang ekonomi digital. Akibatnya menghambat kreativitas mereka seperti takut mengambil risiko, takut dikritik, kurang berani mengemukakan ide, pola pikir yang kaku, tidak percaya diri, serta kurangnya motivasi dari lingkungan sekitar untuk berkreasi. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi kewirausahaan para siswa Pondok Pesantren Al Qurtubiyah di Kabupaten Tegal agar mereka dapat menjadi wirausaha muda yang berkualitas dan mampu bersaing di era ekonomi digital. Melalui pelatihan dan pendampingan, para siswa akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha secara kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital. Metode pelaksanaan melalui pelatihan dan pendampingan (training and mentoring) yaitu melakukan pemberian materi, pelatihan konkret dan pendampingan dalam menumbuhkan kreativitas dan semangat berwirausaha. Hasilnya peningkatan kreativitas dan keterampilan berwirausaha pada santri pondok pesantren Al Qurtubiyah untuk mewujudkan ekosistem ekonomi digital berhasil dan mendapatkan responsi yang baik dari pihak mitra. Beberapa pertemuan dalam pelatihan santri antusias untuk memahami dan mecoba dalam berwirausaha berbasis digital. Didukung dengan hasil rata-rata keseluruhan yaitu sebelum pelaksanaan 53,26% dan sesudahnya 88,89% menujukan kategori sangat baik dengan peningkatan sebesar 35,63%.References
Breslin, D. (2019). Entrepreneurial learning; intuiting, scanning, internalizing and routinizing. The Learning Organization, 26(6), 604-616.
Elert, N., Andersson, F. W., & Wennberg, K. (2015). The impact of entrepreneurship education in high school on long-term entrepreneurial performance. Journal of Economic Behavior & Organization, 111, 209-223.
Zhang, W., Li, Y., Zeng, Q., Zhang, M., & Lu, X. (2022). Relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intention among college students: A meta-analysis. International journal of environmental research and public health, 19(19), 12158.
Pangesti, I. (2018). Kebijakan Dan Penerapan Model Pendidikan Kewirausahaan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(1), 72-81.
Crosina, E., Frey, E., Corbett, A., & Greenberg, D. (2024). From negative emotions to entrepreneurial mindset: A model of learning through experiential entrepreneurship education. Academy of Management Learning & Education, 23(1), 88-127.
Jones, C., Penaluna, K., & Penaluna, A. (2019). The promise of andragogy, heutagogy and academagogy to enterprise and entrepreneurship education pedagogy. Education+ Training, 61(9), 1170-1186.
Sumarno, S., & Gimin, G. (2019). Analisis konseptual teoretik pendidikan kewirausahaan sebagai solusi dampak era industri 4.0 di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 1-14.
Rauf, R., Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 7(1), 95-102.
Maharani, S., & Ulum, M. (2019). Ekonomi Digital: Peluang Dan Tantangan Masa Depan Terhadap Ekonomi Syariah Di Indonesia. In Conference on Islamic Studies FAI 2019 (pp. 1-11).
Pudhail, M., & Baihaqi, I. (2017). Strategi pengembangan ekosistem ekonomi digital indonesia. Jurnal Ilmiah-Vidya, 25(1), 69-85.
Junaedi, D., Supriyatna, R. K., & Arsyad, M. R. (2023). Era Baru Perkembangan Peradaban Ekonomi Digital. Sci-Tech Journal, 2(1), 40.
Prasetyono, R. N., Kristyaningrum, D. H., Rizqiyah, M. F., & Winarto, W. (2023). Science Digital Eduprenuership Berbasis Produk Kearifan Lokal Untuk Menguatkan Keterampilan Teaching Factory Guru SMK. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9084-9089.
Hartati, S., Hariyono, R. C. S., Nursetyo, A., Prasetyo, F. A., Ningsih, N. W., & Dhio, M. S. K. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Bakat Bidang Robotika Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sd Madinah Slawi Kab Tegal. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 196-199.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rito Cipta Sigitta Hariyono, Muthi'atul Khasanah, Arif Nursetyo, Dwi Septiani, Rizki Noor Prasetyono, M. Wahab Khasbulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.