PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI (NUMERASI, BUDAYA, DIGITAL) MELALUI MATH E-COMIC INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34293Keywords:
training, literacy skills, numeracy, culture, digital, math e-comicAbstract
Kemampuan literasi dan numerasi siswanya dapat dikatakan rendah yang dibuktikan dengan rapor mutu sekolah yang masuk kategori kuning. Di samping itu, rendahnya motivasi siswa untuk datang ke perpustakaan untuk mengembangkan keterampilan literasi numerasinya khususnya pelajaran matematika, kurangnya pemahaman siswa akan budaya setempat terutama situs-situs yang ada di sekitar mitra. Tujuan pengabdian ini memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada guru di SDN Menturu mengenai keterampilan literasi (numerasi, budaya dan digital) melalui E-Comic interaktif. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian dan kuesioner yang diberikan kepada setiap peserta, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil dan sukses. Sebanyak 77,78% guru SDN Menturus Kudu Jombang menyatakan “Sangat Baik” terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Sebanyak 22,22% guru SDN Menturus Kudu Jombang menyatakan “Baik” terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, sedangkan 0% guru SDN Menturus Kudu Jombang menyatakan “Kurang Baik” terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Diharapkan pihak sekolah dapat memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk dapat menggunakan aplikasi math e-comic secara berkala supaya keterampilan literasi (numerasi, budaya dan digital) siswa SDN Menturus Kudu Jombang dapat lebih meningkat.References
Fitriyani, N. N., Kusuma, R. M., Supriadi, Y. N., Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2022). PKM Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 3 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 240–248. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.51914
Harisman, Y., Dwina, F., Nasution, M. L., Amiruddin, M. H., & Syaputra, H. (2023). the Development of Proton-Electron Math E-Comic To Improve Special Needs Students’ Mathematical Concepts Understanding. Infinity Journal, 12(2), 359–376. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i2.p359-376
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 43–45. http://repositori.kemdikbud.go.id/18051/1/1. Panduan Penilaian SMP - Cetakan Keempat 2017.pdf
Madiun, U. P., & Timur, J. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR Rissa Prima Kurniawati *. 679–691.
Nurutami, A., Riyadi, R., & Subanti, S. (2018). The Analysis of Studentsr Mathematical Literacy Based on Mathematical Ability. 157(Miseic), 162–166. https://doi.org/10.2991/miseic-18.2018.40
Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Kepada Peserta Didik Paket B Uptd Spnf Skb Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(3), 131. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220
Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347
Setiawan, W., Hartati, S. J., Putri, N. C., & Dewi, R. K. (2022). Analisis Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Pebedaan Kemampuan Matematika. JIPMat, 7(Kurniasih), 1–10. http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/11477
Subali, B., Ellianawati, Faizah, Z., & Sidiq, M. (2023). Indonesian national assessment support: Can RE-STEM Android app improve students’ scientific literacy skills? International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1399–1407. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24794
Sudarso, S., Pebrianggara, A., Pramesti, F. A., Syabrina, F. A., Sulistyono, E. S., Pamesuari, I. F., & Rendianto, F. A. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SDN Wonorejo V Surabaya: Menggabungkan Pendidikan dan Hiburan melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal SOLMA, 12(2), 442–458. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12111
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Suryana, A., Andoyo, A., Muslihudin, M., & Publik, I. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI INTERNET DAN. 2(1), 23–28.
Utomo, E. S. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Calon Guru Dalam Pengajuan Masalah Berorientasi Data Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3362. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6463
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Edy Setiyo Utomo, Eny Suryowati, Ahmad Farhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










