WORKSHOP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GIM EDUKASI DI UPT SPF SDN KALUKUANG IV KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34251Keywords:
Workshop, Media Pembelajaran, Gim Edukasi, Inovasi Pendidikan, Motivasi BelajarAbstract
Workshop ini bertujuan untuk mengenalkan konsep media pembelajaran berbasis gim edukasi kepada guru-guru di UPT SPF SDN Kalukuang IV Kota Makassar. Media pembelajaran berbasis gim edukasi merupakan salah satu pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memperkaya pengalaman pembelajaran mereka. Dengan menerapkan konsep ini, diharapkan guru dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Workshop ini dilaksanakan dengan metode diskusi, presentasi, dan praktik langsung dalam pembuatan dan penerapan media pembelajaran berbasis gim edukasi. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan konsep dasar gim edukasi, teknik pembuatan gim edukasi yang efektif, serta contoh penerapan dalam berbagai materi pelajaran. Selain itu, partisipan juga diajak untuk berkolaborasi dalam merancang gim edukasi yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di sekolah masing-masing. Hasil dari workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada para guru dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran berbasis gim edukasi, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang lebih interaktif, kreatif, dan efektif di UPT SPF SDN Kalukuang IV Kota Makassar.References
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137.
Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia.
Khasanah, B. A., Nurmitasari, N., Astuti, R., Istiqomah, N. A., Darma, W. P. A., Sari, W. P., ... & Syahputra, R. K. (2023). Workshop Pembuatan Game Edukasi Menggunakan Wordwall, Quizizz, Dan Kahoot! Untuk Mewujudkan Guru Muhammadiyah Melek Digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4111-4119.
KumalaDewi, N., & Suminten, N. (2020, August). Analisis Kebutuhan Game Edukasi Fisika Berbasis Mobile. In Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ (Vol. 2, No. 1, pp. 256-263).
Lestari, M. A., Hermawati, E., Ramdhania, R., & Fitriyani, Y. (2023). Workshop media pembelajaran berbasis board games edukasi untuk guru SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan. Abdimas Siliwangi, 6(3), 576-586.
Makki, M., Indraswati, D., Erfan, M., Rahmatih, A. N., & Hidayati, V. R. (2021). Workshop Dan Pendampingan Pembuatan Game Edukasi Berbasis Android Bagi Guru SDN 2 Cakranegara. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(2), 23-29.
Putra, M. M. R., Sukirman, S., & Kusumawati, A. J. (2019). Pengembangan Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar. Seminar Nasional GEOTIK 2019.
Rahmawati, Y., Febriyana, M. M., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Suendarti, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Game Edukasi: Analisis Bibliometrik Menggunakan Software VOSViewer (2017-2022). Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 257-266.
Rohmiyanti, W., Latif, A., Syafira, I., Wahiddatul, S., & Haryanto, A. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekkolah Dasar: Pengertian Media Pembelajaran, Media Berbasis Game Edukasi. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, pp. 809-826).
Setiadi, T., & Siswanto, E. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bagi Guru Ra Al Muhtadin Langenharjo Kendal: Penerapan Metode Inquiry. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 2(2), 51-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.