PELATIHAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM PROFESI AKUNTANSI BAGI SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34210Keywords:
Komunikasi Bisnis, Profesi Akuntansi, Siswa SMAAbstract
Seorang akuntan adalah orang yang merencanakan, menganalisis, dan mengawasi keuangan perusahaan, organisasi, atau individu. Selain itu, tugas akuntan adalah memastikan bahwa organisasi mematuhi standar akuntansi yang berlaku dan memiliki informasi keuangan yang akurat dan relevan. Profesi ini memerlukan keahlian dalam analisis data, pemahaman yang mendalam tentang undang-undang dan peraturan keuangan, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Akuntansi membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik karena mereka harus dapat menjelaskan informasi keuangan dengan jelas, memahami kebutuhan klien, dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait bisnis. Komunikasi bisnis dalam profesi akuntansi sangat penting dalam memastikan bahwa informasi keuangan disampaikan dengan jelas, akurat, dan sesuai dengan standar etika dan profesionalisme yang berlaku. Tujuan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat adalah untuk memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan siswa SMA untuk menghadapi dunia kerja, mengembangkan keterampilan softskills, dan memperkenalkan konsep bisnis kepada mereka. Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan siswa SMA akan memiliki kemampuan komunikasi bisnis yang lebih baik sehingga mereka lebih siap untuk menghadapi dunia kerja di bidang profesi akuntansi. Mereka juga akan lebih percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam konteks bisnis dan memiliki peluang kerja yang lebih luas di bidang tersebut.References
Alhaq, I. F., & Wirza, Y. (2022). An investigation of needs analysis and the English textbook used for accounting major students. International Journal of Education, 14(2), 95–105. Https://doi.org/10.17509/Ije.V14i2.43880
Faruqi, M.T. (2022) Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dalam Menghadapi Dunia Kerja di SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.1 No.1
Farzad, Sharifian (2009). English as International Language. Great Britain: MPG Books ltd.
Laoh, M., El, B., Lagarense, S., & Lumettu, A. (2016). Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Pramusaji. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 3, 114–232. English Competence, Waiter/es,Foreign Guests
Novianty, Putu Shinta, Eka Ayu Purnama Lestari, & Komang Trisnadewi. (2022). Pengaruh
Kompetensi Bahasa Inggris Terhadap Kinerja Pegawai. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa dan
Budaya, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.22225/kulturistik.6.1.3763
Ria, Tiara Nove, Maria M. M., Zella NF, Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Bisnis Bagi Karang Taruna Di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati, (2022), Jurnal Awam Volume 2, Nomer 2 Desember, hal 12-16
Salija, K. (2019). Needs analysis of English materials for accounting study program. http://eprints.unm.ac.id/13248/1/Jurnal%20Thesis-1.pdf
Shetty, B. R. (2018). Gap analysis of students’ experience and expectations with special reference to mba education in India. Pupil: International Journal of Teaching, Education and Learning, 2(2), 35–50. Https://doi.org/10.20319/Pijtel.2018.22.3550
Suningsih S. & Putri L.A. Analisis Kebutuhan untuk Pembelajaran Bahasa Inggris pada Mahasiswa Akuntansi (2022). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1).1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Asiah Murni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










