EDUKASI PREVENTIF PADA MAHASISWA DALAM MENANGANI PELAPORAN KASUS KEKERASAN SEKSUAL MELALUI APLIKASI PINTAR (BESTIEQ) DAN FILM PENDEK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34204Keywords:
Aplikasi, Akademik, Kekerasan, SeksualAbstract
Permasalahan kasus kekerasan seksual adalah meningkatnya jumlah kasus kekerasan seksual yang diakibatkan oleh adanya persepsi dari masyarakat yang dapat ditoleransi atau hal yang biasa, kuatnya budaya patriarki dan penegakkan hukum yang masih lemah. Kekerasan seksual sering terjadi di lingkungan akademik dan kasusnya selalu ada serta korbannya masih belum berani melaporkan diri. Tujuan pengabdian masyarakat adalah memberikan edukasi kepada mahasiswa/I Universitas Faletehan untuk berani speak up apabila telah mengalami kekerasan seksual dengan menggunakan aplikasi pintar “BestieQ”. Hal ini dilakukan untuk melihat fenomena kejadian dan melakukan penanganan apabila telah terjadinya kekerasan seksual di Universitas Faletehan serta memulihkan kembali kesehatan mental pada korban pascatrauma bersama konselor professional. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilakukan melalui 3 tahap kegiatan. Pada tahap pertama dilakukan uji kelayakan aplikasi “BestieQ” dengan menggunakan kuesioner System Usability Scale dan didapatkan nilai 82,25 yang berarti aplikasi ini berada dalam kategori good/baik. Pada tahap kedua dilakukan pengenalan aplikasi “BestieQ” kepada mahasiswa/i melalui pemberian edukasi penayangan film pendek pada saat perayaan dies natalis ke-5 Universitas Faletehan. Pada tahap terakhir dilakukan evaluasi survei kepuasaan aplikasi “BestieQ” dan terjadi peningkatan dengan nilai 80,25 yang berarti aplikasi ini berada dalam kategori good/baik. Aplikasi “BestieQ” merupakan sebuah aplikasi digital berbasis Android yang bersifat “friendly” bagi korban kekerasan seksual serta dapat memulihkan kesehatan mental pada korbannya.References
Alneta, I. P., Gandhi, A., & Kurniati, A. P. (2023). Pengujian Dan Rekomendasi User Interface Pada Aplikasi Xyz Menggunakan System Usability Scale (Sus).
Bastian, A. & Simamora, R. F. 2022. Rancang Bangun Aplikasi Penanganan Dan Pendampingan Penyintas Kekerasan Seksual Berbasis Android. Seminar Nasional Pneelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pp. 1–6
Ghiffari, M. & Adriyansyah, M. A. 2022. Studi Resiliensi Pada Mahasiswi Penyintas Kekerasan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. 10(3), Pp. 507– 518. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V10i3.
Jatmika. (2022). Efektivitas Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pasien Hipertensi. Portal Jurnal Malahayati.
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.
Nahdlia Puspita, A., Rivai Ras, A., Widodo, P., & Juni Risma Saragih, H. (2022). Upaya Mahasiswa Dalam Mewujudkan Bela Negara Pada Sektor Keamanan Maritim. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Nuzulia, A. (1967). No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4, 5–24.
Prya Pradnyandari, K. (2021). Kedudukan Hukum Organisasi Internasional Terhadap Korban Kekerasan Seksual Pada Perempuan. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 9, Issue 3).
Purbasari, A., & Juardi, D. (N.D.). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Emergency Untuk Kekerasan Seksual Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juni, 2023(12), 47–54. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8068395
Salsabila, Ismonah, N. H. Y. (2021). The Effect Of Audiovisual Education On Self-Care Management Of Patients With Diabetes Mellitus In The Working Area Of Puskesmas Pabelan, Semarang Regency. Dm, 1262–1271.
Suardani, N. N., Putra, W. K., & Krisna, I. G. A. P. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Video Terhadap Self-Care Management Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Journal Center Of Research Publication In Midwifery And Nursing, 4(1), 13–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.