OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DI ERA DIGITAL: STRATEGI POLA ASUH UNTUK GENERASI DIGITAL NATIVES
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33640Keywords:
Digital Parenting, Strategi Pola Asuh, Teknologi, Perkembangan Anak, Media Social.Abstract
Orang tua memiliki peran penting dalam membimbing anak agar dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi tanpa mengorbankan nilai-nilai dasar. Namun, banyak orang tua yang belum memahami sepenuhnya bagaimana pola asuh di era digital ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi orang tua dalam memaksimalkan peranannya dalam memberikan hak anak sepenuhnya melalui strategi pola asuh di era digital. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan berupa kegiatan sosialisasi digital parenting mengenai pola asuh di era digital kepada orang tua siswa kelas rendah SDN Cipete 1. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi dari narasumber yang kemudian berdiskusi berdasarkan beberapa kasus. Beberapa strategi yang didiskusikan agar dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak di era digital diantaranya adalah 1) membangun literasi digital, 2) memonitor dan mengarahkan penggunaan konten, 3) pengaturan waktu layar, 4) menerapkan etika dan tata krama online, 5) menjadi teladan yang baik, 6) membangun keterampilan kritis dan kreatif, dan 7) kolaborasi dengan sekolah dan komunitas. Kegiatan ini diakhiri dengan adanya pengisian angket respon orang tua mengenai kegiatan digital parenting. Respon yang diberikan terhadap empat aspek mulai dari penyajian materi, isi materi, manfaat kegiatan dan umpan balik diperoleh rata-rata persentase senilai 82%. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa munculnya pemahaman baru terkait strategi penggunaan digital yang efektif yang dikaitkan dengan pola asuh untuk digital natives di era digital.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Destri Astrianingsih, Yuli Rohyati, Cecep Abdul Hakim, Novita Sari, Raden Akhmad Atqoo, Siti Nur Latifah, Faizul Mulki, Dinu Rizkiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










