UMKM DALAM PEMULIHAN EKONOMI DI KELURAHAN BUNUT KECAMATAN KISARAN BARAT KABUPATEN ASAHAN

Authors

  • Normansyah Universitas Asahan

Keywords:

UMKM, Pemulihan, Ekonomi

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah adalah usaha masyarakat yang terus eksis sampai dengan saat ini. Dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, UMKM sangat merasakan dampaknya dimana kondisi ekonomi mengalami keterpurukan. Oleh karena itu, UMKM sangat diharapkan dapat menjadi alternatif terbaik dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengoptimalisasian UMKM dalam upaya pemulihan ekonomi dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengoptimalisasian UMKM serta upaya dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Metode dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, dapat dikatakan bahwa upaya pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh sektor UMKM belum dilaksanakan secara optimal dikarenakan masih terdapat beberapa kendala yang menghambat UMKM untuk bekerja optimal. Pemerintah Kelurahan Bunut Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan dalam hal ini telah berupaya untuk selalu mendukung berbagai inovasi dari para pelaku UMKM untuk dapat terus eksis menjalankan usahanya. Dengan adanya pembinaan dan pengembangan secara optimal terhadap pelaku UMKM tersebut berdampak positif bagi masyarakat Kelurahan Bunut Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan untuk meningkatkan potensi usaha khususnya di sektor UMKM. Pada akhirnya program ini dapat mendukung pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Bunut dan juga berkontribusi dalam pemulihan ekonomi di Kabupaten Asahan.

References

Bahtiar, R. R., & Saragih, J. P. (2020).Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, Vol.12, No.6 : 19–24.

Ghofur, A. Edy, I. T, Rohman, R, & Anthobari, M. F, 2000, Pengembangan UMKM Songkok Melalui Model E-Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Industri Kreatif Masyarakat Di Kelurahan Banjarmendalam Kabupaten Lamongan, Vol 4, No.2 : 720-726.

Hardilawati, W. Laura, 2020, Strateri Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, Vol 10, No.2 : 89-98.

Hartono dan Deny D. Hartomo, 2014, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM Di Surakarta, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.14, No.1 : 15-30.

Lubis, T. A dan Junaidi, 2016, Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada UMKM Di Kota Jambi, Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerag, Vol.3, No.2 : 163-174.

Rosita R, 2020, Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia, Jurnal Lentera Bisnis, Vol.9, No.2 : 109-120.

Setiaji, Hari, 2017, Analisis Penggunaan Sosial Media dalam Aktivitas Pemasaran UMKM Di Sleman Yogyakarta, Jurnal Teknomatika, Vol.10, No.1 : 121-132.

Undang-Undang No 20 Tahun 2008, Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Downloads

Published

2022-01-11