IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI PENDIDIK PAUD DI SUMBERPUCUNG, KABUPATEN MALANG

Authors

  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Astuti Universitas Negeri Malang
  • Pramono Pramono Universitas Negeri Malang
  • Shafira Nurulita Salehuddin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33436

Keywords:

Kurikulum Merdeka; Pembelajaran berdiferensiasi; Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi perkembangan awal dalam kesiapan pendidikan selanjutnya dan dilaksanakan dengan berpusat pada kebutuhan anak melalui minat, gaya belajar, dan kemampuan melalui sarana prasarana yang menyenangkan dan akuntabel. Oleh karena itu, guru harus dilatih dalam pembuatan dan penerapan modul ajar berdiferensiasi berbasis kurikulum merdeka pada pembelajaran. Pemaparan konseptual, workshop, dan peer teaching adalah komponen pelatihan ini. Workshop dilakukan untuk membantu peserta merancang modul ajar berbasis pembelajaran yang unik, dan peer teaching dilakukan untuk membantu mereka menerapkan ide-ide mereka. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa tingkat kehadiran peserta mencapai 100% pada hari 1 dan 2, tingkat pasrtisipasi peserta mencapai nilai 86,05 (sangat aktif), tingkat penguasaan materi mengamali peningkatan dari 78.5 menjadi 84.6, tingkat kemampuan analisis masalah mendapat skor rerata 87.8, tingkat kemampuan mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi mengalami peningkatan dari 76.5 menjadi 83, dan kemampuan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi mendapatkan skor rerata 84.

References

Amka. 2021. Manajemen & Administrasi Sekolah. Sidoarjo. Nizamia Learning Center.

Eka Retnaningsih, Lina, and Sarlin Patilima. 2022. “Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Program Studi PGRA 8(1):143–58.

Gultom, Heppi. 2022. “Pengembangan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Anak Berbakat Di Tk Maria Mutiara.”

Hayana, Oleh Ifroh, Nini Aryani, and Paijan Rambe. 2021. “Analisis Manajemen Sarana Dan Prasarana Pada Pembelajaran Analysis of Facilities and Infrastructure Management in Learning.” 9(August):6–11.

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan SIswa Dan Hasil Belajar Dengan Berdiferensiasi.” Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2).

Lestariningrum, Anik. 2022. “Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD.” Semdikjar 5 5:179–84.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif.

Ngaisah, Nur Cahyati, and Reza Aulia. 2023. “Perkembangan Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Anak Bunnaya 9(1):1–25.

Ningrum, Mardhiyati, Maghfiroh, and Rima Andriani. 2023. “Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Di Madrasah Ibtidaiyah.” Journal Of Islamic Elementary Education: El Bidayah 5(1):85–100. doi: https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513.

Sutama, Wayan I., Wuri Astuti, Pramono, Dewi Nur’Aini, and Lailatus Sangadah. 2021. Open Ended Play Dan Kompetensi Abad 21. 1st ed. Inara Publisher.

Wahyuni, Ayu Sri. 2022. “Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan MIPA 12(2):118–26. doi: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562 Literature.

Wijaya, Sastra, Mohammad Syarif Sumantri, and Nurhasanah. Nina. 2022. “Imlementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 08(2). doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450.

Wulandari, Ade Sintia. 2022. “Jurnal Pendidikan MIPA.” Jurnal Pendidikan MIPA 12(September):682–89.

Yuliantina, Irma, Johana Kastanja, Yunita Damayanti, Yunita, Anna Maria Jacob, Fitri Indri Yani, Fitriani, Fauzia Herli Noviampura, Isye Syoleha, Maulina Sucihati, and Henny Chusnarin Haryanti. 2023. “PKM Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Anak Usia Dini Bersama IGTKI Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa 2(4):229–38. doi: 10.55927/jpmf.v2i4.5542.

Zuhri, Muhammad Syaifuddin. 2023. “Penerapan Permainan Team Building Untuk Meningkatkan Kerjasama Kelompok B1 Di TK Nasional KPS Balikpapan.” BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 2(1):29–39. doi: https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5578.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Sutama, I. W., Astuti, W. A., Pramono, P., & Salehuddin, S. N. . (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI PENDIDIK PAUD DI SUMBERPUCUNG, KABUPATEN MALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8537–8543. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33436

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.