PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PROYEK UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI PENDIDIK PAUD

Authors

  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang
  • Pramono Pramono Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisa Universitas Negeri Malang
  • Helnia Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Intan Permatasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33434

Keywords:

Perangkat pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, Pendidik TK

Abstract

Permasalahan di Kecamatan Kepanjenkidul mengungkapkan bahwa ketersediaan guru dan sekolah penggerak hanya satu. Guru mengaku megalami kendala kekurangan sumber informasi untuk mempelajari kurikulum merdeka termasuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila. sebagian besar referensi pembelajaran hanya diperoleh dari PMM (Platfrom Merdeka Mengajar).  Maka dari itu, pelatihan ini dilaksanakan sebagai jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh guru berupa tindakan investatif pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah dan proyek untuk penguatan profil pelajar pancasila bagi pendidik guna meningkatkan HOTS dan karakter Pancasila pada anak.  Pelatihan ini dilakukan selama 2 hari, Adapun alurnya meliputi pendalaman materi, analisis kasus berupa dokumen RPP dan contoh video kegiatan belajar anak, workshop, peer dan expert review, Forum Group Discussion (FGD), uji coba lapangan, revisi draft, kompilasi proyek peserta, dan penerbitan buku oleh tim pengabdian. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan materi dari 78.5 ke 86.6, peningkatan kemampuan merancang pembelajaran dari  76.6 ke 88.07 guru telah kompeten menyusun modul ajar dengan skor 82, kompeten dalam merumuskan tujuan pembelajaran dengan skor 86, kompeten dalam merancang pembelajaran berbasis masalah dan proyek dengan skor 85, kompeten dalam memanfaatkan multisumber dan media serta bahan dan alat dengan skor 82, dan kompeten dalam merancang asesmen otentik dengan skor 84. 

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Sutama, I. W. ., Astuti, W. ., Pramono, P., Anisa, N. ., Wulandari, H. ., & Permatasari, I. . (2024). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PROYEK UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI PENDIDIK PAUD. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8529–8536. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33434

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.