PENGUATAN STRATEGI KOMUNIKASI PADA PENGELOLA DESTINASI PARIWISATA DI ITDC NUSA DUA

Authors

  • I Putu Diptha Paramharta Universitas Pendidikan Nasional
  • Bagus Gede Ari Rama Universitas Pendididkan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.32974

Keywords:

Strategi Komunikasi, Destinasi Pariwisata, Efektivitas Komunikasi.

Abstract

Pengelolaan destinasi wisata di ITDC Nusa Dua kini menghadapi tantangan yang semakin rumit, seperti persaingan global yang kuat dan perubahan selera wisatawan. Untuk mengatasi ini, memperkuat strategi komunikasi menjadi sangat penting. Strategi komunikasi yang baik dapat membantu ITDC Nusa Dua menyampaikan pesan yang tepat kepada audiens, memperkuat identitas merek, dan menarik lebih banyak pengunjung. Selain itu, strategi ini juga penting untuk menjaga citra positif destinasi, mendukung keberlanjutan lingkungan dan budaya lokal, serta menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak terkait, termasuk komunitas lokal dan pelaku usaha wisata. Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, terutama media sosial dan platform digital, ITDC Nusa Dua bisa lebih efektif dalam mempromosikan destinasi, berinteraksi dengan wisatawan, dan mengikuti tren terbaru dalam industri pariwisata. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing ITDC Nusa Dua sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia.

References

Zamzami, W. S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 25-35.

Fadhli, M. N. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di MIS Azzaky Medan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 8-21.

Kusuma, Y. (2021). Pentingnya Strategi Komunikasi Dalam Berkomunikasi. Jurnal Sudut Pandang, 2(5), 1-5.

Mudjiyanto, B. (2018). Pola komunikasi siswa tunarungu di sekolah luar biasa negeri bagian B kota Jayapura. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(2), 151-166.

Lestari, N. (2023). Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Destinasi Wisata Alam Gomara Swiss Kabupaten Labuhanbatu Utara. KESKAP: Jurnal Kesejahteraan Sosial, Komunikasi dan Administrasi Publik, 2(2), 144-156.

Maulana, H. F., Hastuti, H., Ferdi, F., Mutmainah, M., & Maulana, R. (2022). Pengembangan Kader Sadar Wisata Desa Lohia Melalui Penguatan Strategi Komunikasi Parawisata. Abdimas Singkerru, 2(1), 23-31.

Rangkuti, A. H., & Khairani, L. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Destinasi Wisata Park & Farm Sipirok Melalui Media Digital Instagram Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung. KESKAP: Jurnal Kesejahteraan Sosial, Komunikasi dan Administrasi Publik, 2(1), 43-49.

Chamidah, N., Hariadi, S. S., Selvi, A. M., & Siddiq, D. M. (2021). Strategi Komunikasi Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengembangan Ketahanan Desa Wisata Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cirebon. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(1), 90-111.

Yasir, Y. (2021). Komunikasi pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1), 108-120.

Dharta, F. Y., Kusumaningrum, R., & Chaerudin, C. (2021). Penguatan Strategi Komunikasi Pada Pengelola Destinasi Wisata Di Kabupaten Karawang. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 133-144.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Paramharta, I. P. D. ., & Ari Rama, B. G. (2024). PENGUATAN STRATEGI KOMUNIKASI PADA PENGELOLA DESTINASI PARIWISATA DI ITDC NUSA DUA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9476–9480. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.32974

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.