SOSIALISASI PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAS ANYAMAN PURUN DI KECAMATAN HAUR GADING

Authors

  • Jumai Latte Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Ary Yudianto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Eka Santi Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32562

Keywords:

Desain Produk, Pembelian, Tas Purun, Pengabdian Masyarakat, Pengrajin, Strategi Pemasaran

Abstract

Proyek pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian tas anyaman purun di Kecamatan Haur Gading. Proyek ini bertujuan untuk mendidik para pengrajin lokal tentang cara meningkatkan desain produk mereka untuk menarik lebih banyak pelanggan dan memperbaiki strategi pemasaran mereka. Metodologi yang digunakan meliputi sesi sosialisasi yang memberikan pendidikan berkelanjutan kepada para pengrajin, dengan penekanan pada pentingnya desain produk dan strategi pemasaran yang kompetitif. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dan observasi praktik kepada para pengrajin. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kesadaran para pengrajin tentang pentingnya desain produk dan kemampuan mereka untuk memasarkan produk mereka secara efektif. Proyek ini menyoroti peran penting desain dalam keputusan pembelian konsumen dan memberikan wawasan praktis bagi para pengrajin untuk meningkatkan hasil ekonomi mereka. Temuan ini menekankan perlunya pendidikan dan dukungan berkelanjutan untuk mempertahankan peningkatan tersebut.

References

Handayani, J., Derriawan, S. and Hendratni, T.W. (2020) ‘Pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen Shopping Goods’, Journal of Business and Banking, 10(1), pp. 91–103.

Hutabarat, F.R.L. (2022) ‘Pengaruh Brand Image, Estetika Desain Dan Pembayaran Elektronik Dalam Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Produk Minuman Kopi Kenangan Di Outlet Katamso, Medan)’, Jasmien, 3(01), pp. 408–417.

Setyawan, S.P. and Hakim, L. (2023) ‘Pertimbangan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Specs Melalui Citra Merek, Desain Produk Dan Presepsi Harga (Kasus Di Kelurahan Kopen, Teras, Boyolali)’, Jurnal Mirai Management, 8(3).

Mulyana, E., & E, R. (2017). Analisis Pendapatan Pengrajin Anyaman Tikar. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2017 Fakultas Pertanian UMJ, Hal 147-154.

Noviyanti. (2002). Hasil panen MinyakAtsiri Bunga Kenanga( Kenanga odorata )pada Beberapa Kelas Umur Tanamandengan Metode Penyulingan Uap danUdara(Air Dan Uap (Distilasi). Fakultas Kehutanan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.

Novriyanata, A., & Abidin, A. (2018). Produktivitas Kerajinan AnyamanPurun Danau( Lepironia articulata)(mendominasi) di akujalan keluar Palam Kecamditan Cempaka Kota Banjarbaru ProvinsiSaya KalimantanSelatan. Jurnal sylva scienteae.

Porter, M. (2001, h. Nomor telepon 35.). Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.

Wahdah, R., & Amalia, H. S. (2016). Pengembangan Daya Mengatakan ProdukPada Sentra Kerajinan Purun diKabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. . Jurnal Menyebar. (6):Nomor2.

Stevani, Gabrilia Aldeva. (2022). Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Butik Tas Tlatah Herihate).

ST.Erlisa Dwi Apriliani(2020) Pengaruh Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhahadap Keputusan Pembelian Jilbab Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UniversitasMuhammadiyah Makassar.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Latte, J. ., Yudianto, A. ., & Agustina, E. S. . (2024). SOSIALISASI PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TAS ANYAMAN PURUN DI KECAMATAN HAUR GADING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7141–7145. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32562

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.