PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 18 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31690Keywords:
Kampus Mengajar, Kemampuan Literas, InovasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah program kampus mengajar dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan mematuhi berbagai tahapan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil menunjukkan bahwa program kampus mengajar Universitas Muhammadiyah Bengkulu dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas I, II dan III SDN 18 Kota Bengkulu mempunyai beberapa kegiatan 1)Membantu Wali Kelas dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Siswa membantu guru dalam berinovasi dan mengkreasikan pembelajaran, membuat perencanaan, mendampingi pembuatan media dan mempersiapkam pembelajaran, serta mendampingi siswa yang masih mengalami kesulitan. Selain membantu mempersiapkan pembelajaran, siswa juga ikut memantau perkembangan belajar siswa terutama berkaitan dengan penguasaan kemampuan literasi. 2) Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Siswa melaksanakan pembelajaran tambahan secara intensif kepada siswa khususnya di kelas I, II dan III di perpustakaan. Kegiatan ini dilakukan di luar jam pembelajaran dan terjadwal secara rutin. Kegiatan ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa terutama berkaitan dengan penguasaan keterampilan membaca siswa. Tidak hanya itu, siswa juga memberikan pelatihan menulis maupun dekte kepada siswa yang sudah sedikit demi sedikit memahami literasi. 3) Pojok Baca dan Pohon Literasi SDN 18 Kota Bengkulu. Pojok baca merupakan sebuah tempat yang terletak di sudut ruangan yang dilengkapi dengan koleksi buku yang berperan sebagai tambahan fungsi perpustakaan. Pojok baca dapat menjadi sarana yang efektif untuk memberikan akses kepada guru dan peserta didik dalam membaca buku dan sebagai upaya meningkatkan minat membaca. Siswa di SDN 18 Kota Bengkulu juga membuat pohon literasi yang dimana terdapat beberapa gambar dan bacaan dengan tujuan menarik minat membaca peserta didik. Terbukti pada hasil penelitian ditemukan bahwa peserta tertarik tertarik akan gambar dan guru ataupun siswa menjelaskan bahwa pentingnya membaca. Terakhir dalam artikel ini, peneliti meyarankan kepada pendidik di masa depan agar lebih berinovasi dalam menciptkan pembelajaran yang menarik terutama pada perkembangan IPTEK.Downloads
Published
2024-07-17
How to Cite
Amanda, R., Qurniati, A. ., & Lisdayanti, S. . (2024). PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6621–6626. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31690
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Ranti Amanda, Amnah Qurniati, Septiana Lisdayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.