BIJAK DALAM BERBELANJA ONLINE BAGI MASYARAKAT USIA PRODUKTIF DESA KEMLAGIGEDE

Authors

  • Luluk Nur Azizah Universitas Islam Lamongan
  • Evi Fitrotun Najiah Universitas Islam Lamongan
  • Yunni Rusmawati Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31134

Keywords:

Belanja Online, Perilaku Konsumen, E-Commerce

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yang mengangkat judul: Bijak Dalam Berbelanja Online Bagi Masyarakat Usia Produktif Desa Kemlagigede, kegiatan pendampingan ini diharapkan mengubah mindset masyarakatnya agar lebih bijak dalam hal berbelanja online meskipun diiming-imingi dengan berbagai kemudahan. Hal ini terlihat dengan prilaku masyakat yang sekarang lebih dominan belanja Online dari pada belaja konvensional ditoko sebeleh, dengan fenomena tersebut pihak pemerintah desa merasa khawatir akan perilaku masyarakatnya yang berubah menjadi konsumtif, masalah ini yang kemudian menjadi awal pencetus permasalahan di dalam rumah tangga, mulai retaknya hubungan suami istri, maupun orang tua dan anak karena alokasi keuangan yang seharusnya kebutuhan primer tergantikan dengan belanya yang dirasa kurang manfaatnya. Kekhawatiran inilah yang kemudian dasar kegiatan pendampingan terkait perilaku konsumen dengan harapan semua masyarakat usia produktif lebih bijak dalam berbelanja online dan berpikir panjang ketika akan memutuskan untuk belanja, serta orang tua pun lebih faham dengan konsep belanja online yang biasanya dengan lihai dilakukan oleh putra-puterinya. Solusi dari kegiatan pendampingan tersebut yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakatuntuk lebih bijak lagi dalam berbelanja online dengan mempertimbangkan lagi kebutuhan primer terlebih dahulu dibandingan barang2 yang dirasa kurang manfaatnya. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi tentang keamanan berbelanja online, pengelolaan keuangan, dan pemilihan platform yang terpercaya sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam berbelanja online secara bijak.

References

Harahap, Dedy Ansari, Amanah, Dita. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. Jakarta : UNJ. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol 9, No. 2, 2018. Diunduh pada 18 April 2022, 13:07:33 WIB. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/6005/587

Kartajaya, H., & Marketeers, T. R. (2018). CITIZEN 4.0: Menjejakkan Prinsip-Prinsip Pemasaran Humanis di Era Digital. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Moving From Traditional To Digital. In Gramedia. PT. Gramedia Pustaka Utama. https://doi.org/10.1142/9789813275478_0004

Suleman, D. (2018). Faktor Penentu Keputusan Konsumen Indonesia MemilihTempat Belanja Disebuah E-Commerce (Theory of Planned Behavior). Jurnal JDM, I(02), 1–9. http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/jdm /article/view/4120

Suleman, D., Ali, H., Nusraningrum, D., & Ali, M. M. (2020a). Consumer Behaviour in the Marketing 4.0 Era Regarding Decisions about Where to Shop. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(7), Pp : 444-456. https://www.ijicc.net/images/vol_13/Iss_7/13 763_Suleman_2020_E_R.pdf

Suleman, D., Ali, H., Nusraningrum, D., & Ali, M. M. (2020b). Strategi memenangkan persaingan bisnis berbasis perilaku konsumen untuk produk fashion. Lembaga pendidikan dan pelatihan balai insan cendekia.

Suleman, D., Ali, H., Nusraningrum, D., & Ali, M. M. A. (2019). Perceived Ease of Use, Trust and Risk toward Attitude and Intention in Shopping for Online Fashion Products In Indonesia. Archives of Business Research, Vol.7(No.4), pp.240-253. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.14738/abr.74.2019

Suleman, D., Sabil, S., & Suharyadi, D. (2021). Mengenali Perilaku Konsumen dan Konsep Strategi Pemasaran (berbasis teori dan pendekatan praktis). Insan Cendekia Mandiri.

Sumawan, U. (2002). Perilaku konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Pt. Ghalia Indonesia dengan MMA-IPB.

Veronika, S. (2013). Motivation of Online Buyer Behavior. Journal of Competitiveness, 5 (3), 14–30. https://doi.org/10.7441/joc.2013.03.02

Zaenudin, A. (2017). Profil Konsumen Belanja Online di Indonesia. Retrieved from https://tirto.id/profil-konsumen-belanja-online-di-indonesia-cuEG • Anwar, S. (2018). "Keamanan dalam Berbelanja Online: Tips dan Trik." Jurnal Teknologi Informasi, 15(2), 45-57.

Handayani, L. (2019). "Pengaruh Teknologi terhadap Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Online." Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 101-115.

Supriyadi, T. (2020). "Manajemen Keuangan untuk Masyarakat Digital." Jurnal Manajemen, 27(3), 213-229.

Downloads

Published

2024-07-05

How to Cite

Azizah, L. N. ., Najiah, E. F. ., & Rusmawati, Y. . (2024). BIJAK DALAM BERBELANJA ONLINE BAGI MASYARAKAT USIA PRODUKTIF DESA KEMLAGIGEDE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6010–6013. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31134

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.