E-COMMERCE BUSINESS TO CONSUMERS SARANA BELANJA AMAN, NYAMAN DAN EFISIEN

Authors

  • Santoso Santoso Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran
  • Wan Mariatul Kifti Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran
  • Elly Rahayu Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.834

Keywords:

e-commerce, digitalisasi, belanja online, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Maksud dari kegiatan pengabdian ini adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada siswa/i SMK Negeri 1 Kisaran serta memberi pemahaman kepada siswa/I SMK Negeri 1 Kisaran tentang e-commerce, sarana belanja dan menjual secara online , aman, nyaman, dan efisien. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi siswa/i untuk dapat mengenal dan memanfaatkan e-commerce untuk berdagang dan berbelanja secara online . Bentuk kegiatan dilakukan dengan penyampaian materi dalam bentuk presentasi dan praktek sehingga peserta dapat mencoba langsung untuk melakukan pemesanan suatu produk pada penyedia layanan belanja online. Hasilnya adalah Siswa SMK Negeri 1 Kisaran tidak hanya memahami bagaimana belanja secara online tetapi juga mengetahui jenis-jenis e-commerce, serta potensi keuntungan yang diperoleh dengan pemanfaatan e-commerce sebagai sarana berdagang di era digitalisasi.

Author Biographies

Santoso Santoso, Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran

Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran

Wan Mariatul Kifti, Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran

Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran

Elly Rahayu, Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran

Program Studi Sistem Informasi STMIK Royal Kisaran

References

Aco, A., & Endang, A. H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Insypro, 2, 1–13.

Firmansyah, A. (2018). KAJIAN KENDALA IMPLEMENTASI E-COMMERCE DI INDONESIA. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.17933/mti.v8i2.107

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.

Santoso. (2015). E-Marketing Pada Ukm Sepatu Bunut Abang Adik Kisaran. Jurteksi, 2(179), 87–91.

Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. Katadata.Co.Id.

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

Santoso, S., Kifti, W. M., & Rahayu, E. (2020). E-COMMERCE BUSINESS TO CONSUMERS SARANA BELANJA AMAN, NYAMAN DAN EFISIEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 147–150. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.834