PENDAMPINGAN SMKN 1 GUNUNGSARI JURUSAN DISAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN

Authors

  • Ahmad Zarkasi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurul Hidayati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Titik Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Adryan Fitrayudha Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Adiman Fariyadin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Joni Safaat Adiansyah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dwi Winarti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sudhan Aroby Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Hurun Ain Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syarif Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31043

Keywords:

Kerjasama Industri, Kompetensi Tenaga Kerja, SMK Pusat Keunggulan.

Abstract

Peningkatan kompetensi tenaga kerja merupakan tuntutan bagi tamatan SMK agar dapat bersaing di dunia kerja. Perkembangan teknologi yang cepat mendorong kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dan andal. Pemerintah melalui Dirjen Vokasi mendukung hal ini dengan program SMK Pusat Keunggulan, yang berfokus pada pengembangan holistik hasil belajar siswa untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter. Program pengabdian ini bertujuan meningkatkan kualitas manajemen SMK, keselarasan dengan dunia kerja, dan menghasilkan lulusan yang siap kerja atau berwirausaha. Metode Pengabdian yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu Participatory Action Research (PAR), yang mana dalam program pendampingan pelatihan untuk meningkatkan kualitas manajemen SMK, keselarasan dengan dunia kerja, dan menghasilkan lulusan yang siap kerja atau berwirausaha melalui diskusi kelompok terfokus (focus group discussion, FGD). Pelaksanaan pendampingan di SMKN 1 Gunungsari oleh Fakultas teknik Program studi teknik sipil UMMAT. Hasil pengabdian ini menunjukkan hal yang signifikan meliputi penyelarasan kurikulum dengan industri, peningkatan data tracer study, dan pengembangan kerja sama industri. Dapat disimpulkan bawha program ini menunjukkan hasil positif dengan peningkatan kerja sama dengan dunia industri dan peningkatan tracer study. Upaya berkelanjutan untuk memperkuat kerja sama dengan industri dan meningkatkan kualitas pendidikan vokasi diharapkan terus dilakukan.

References

Abdurahman, A., Asfahani, A., Sudarwati, N., Warwer, F., & Asrijal, A. (2023). The influence of problem-based learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(3).

Alfiana, A., Mulatsih, L. S., Kakaly, S., Rais, R., Husnita, L., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113–7120.

Amri, M., Asfahani, A., Kadeni, K., Arif, M., & Jamin, F. S. (2024). Community Empowerment In The Fields Of Education Entrepreneurship And The Environment In The Village. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3704–3712.

Artipah, A., Sain, Z. H., & Asfahani, A. (2024). Early Childhood Education Reform in Pakistan: Challenges, Innovations, and Future Prospects. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 4(1), 57–64.

Asfahani, A., Yuniarti, E., Husnita, L., Pahmi, P., & Jamin, N. S. (2024). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Kesehatan Mental Melalui Edukasi Pendidikan Sosial. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3633–3639.

Damayanti, E., Djollong, A. F., Asfahani, A., & Yadav, U. S. (2024). Dynamics of Early Childhood Education in Taiwan: A Comparative Study of Traditional and Innovative Approaches. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 4(1), 65–75.

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2021). Panduan Implementasi SMK Pusat Keunggulan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fauzi, A. (2020). "Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan di Program SMK Pusat Keunggulan". Jurnal Pengembangan Pendidikan, 12(4), 275-289.

Haryanto, D. (2021). "Pengaruh Program SMK Pusat Keunggulan terhadap Kesiapan Kerja Siswa". Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 56-68.

Haslinah, A., Tahir, U., Al Imran, H., Asfahani, A., & Larisu, Z. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Lingkungan Hijau Bebas Polusi Di Kota Makassar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8906–8912.

Judijanto, L., Asfahani, A., & Krisnawati, N. (2022). The Future of Leadership: Integrating AI Technology in Management Practices. Journal of Artificial Intelligence and Development, 1(2), 99–106.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Program SMK Pusat Keunggulan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan Tahunan Program SMK Pusat Keunggulan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Latif, R., & Sari, N. (2021). "Evaluasi Program SMK Pusat Keunggulan dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja Siswa". Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 121-134.

Musa, M., Rahman, R., & Asfahani, A. (2024). Strengthenation Of The Role Of The Family In Building The Basis Of Children’s Moral Education; An Empowered Family Approach. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4108–4115.

Nugroho, A. P., Asfahani, A., Sugiarto, F., Sufyati, H. S., & Setiono, A. (2023). Community Assistance in Utilizing Sharia-Based Digital Banking. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 519–530.

Purnomo, H. (2020). "Kolaborasi Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK". Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(3), 177-190.

Putrie, R. A., Asfahani, A., Harati, R., & Dewi, R. A. P. K. (2024). Community Assistance In Communication Skills Development Training Programs. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4848–4856.

Supriyadi, T., & Setyawan, A. (2021). "Strategi Pengembangan Kompetensi Lulusan Melalui Program SMK Pusat Keunggulan". Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 89-102.

Suryanti, S., Rofiah, C., Asfahani, A., Cindy, A. H., & Palayukan, H. (2024). Optimization Community Progress Through Empowerment In The Field Of Sustainable Education. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3640–3646.

Wahyuni, F., Asfahani, A., & Krisnawati, N. (2021). Menjadi Orang Tua Kreatif bagi Anak Usia Dini di Masa New Normal. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 1(1), 1–11.

Wahyuniar, W., Asfahani, A., Suyuti, S., & Sitopu, J. W. (2024). Community Engagement In Education: Fostering Sustainable Impact Through Outreach Initiatives. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4116–4124.

Wibowo, A. (2022). "Peran Program SMK Pusat Keunggulan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi di Indonesia". Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasi, 2(1), 33-45.

Wilyanti, L. S., Wulandari, S., Asfahani, A., & Priyanto, P. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley untuk Sitasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Nasional. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 55–64.

Yusuf, M., & Putri, R. (2021). "Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan di SMK Negeri 1 Yogyakarta". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2), 203-215.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Zarkasi, A. ., Hidayati, N. ., Wahyuningsih, T. ., Fitrayudha, A. ., Fariyadin, A. ., Adiansyah, J. S. ., … Hidayatullah, S. . (2024). PENDAMPINGAN SMKN 1 GUNUNGSARI JURUSAN DISAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 5973–5988. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31043

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.