EDUKASI DAN IMPLEMENTASI STIMULASI, DETEKSI DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG (SDIDTK)

Authors

  • Putri Nelly Syofiah STIKes MERCUBAKTIJAYA
  • Gina Muthia STIKes MERCUBAKTIJAYA
  • Dian Febrida Sari STIKes MERCUBAKTIJAYA
  • Eka Putri Primasari STIKes MERCUBAKTIJAYA

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3094

Keywords:

Edukasi, SDIDTK, Balita

Abstract

Stimulasi, Deteksi  dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK)  sangat perlu dilakukan terutama pada usia dibawah lima tahun karena akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Tujuan deteksi dini pertumbuhan ialah untuk mengetahui normalitas pertumbuhan dan mendeteksi penyimpangan pertumbuhan secara dini. Data laporan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang dari 23 unit Puskesmas di Kota Padang, Puskesmas Andalas merupakan puskesmas yang terendah dalam pelaksanaan program SDIDTK yaitu hanya 32% dari target nasional 90%. Dari hasil wawancara dengan bidan pembina wilayah di salah satu pustu di Kelurahan Anduring Padang yang menjadi penyebab rendahnya cakupan tersebut ialah karena terbatasnya alat SDIDTK. Solusi : Pendidikan kesehatan dengan memberikan edukasi kepada ibu balita tentang SDIDTK dan pemeriksaan SDIDTK kepada balita. Target Luaran yang akan dicapai Publikasi di media sosial (youtube), publikasi artikel di Jurnal Pengabdian Masyarakat. Hasil 90% ibu mengetahui tentang Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK), 6 orang balita perkembangannya sesuai dan 4 orang balita perkembangannya meragukan.

References

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2018). Laporan Tahunan SDIDTK Kota Padang. Padang.

Hurlock, E. B. (2009). Perkembangan Anak (Edisi Terjemahan Oleh Meitasari Tjandrasa,dr.Med.,Muslichah Zarkasih.,Dra). Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Denpasar: EGC.

Sulistyawati, A. (2014). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Suwarba IGN, W. D. (2008). Profil Klinis dan Etiologi Pasien Keterlambatan Perkembangan Global Di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Sari Pediatri, 10(4):225-61.

Downloads

Published

2021-11-27 — Updated on 2022-07-16

Versions

How to Cite

Syofiah, P. N. ., Muthia, G. ., Sari, D. F. ., & Primasari, E. P. . (2022). EDUKASI DAN IMPLEMENTASI STIMULASI, DETEKSI DAN INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG (SDIDTK). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1223–1226. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.3094 (Original work published November 27, 2021)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.