PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BATIK SUJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3087Keywords:
Competitiveness, Product Packaging, SMEsAbstract
Menyikapi pesatnya perkembangan usaha kecil dan menengah, diperlukan sebuah strategi untuk membuat suatu produk dapat bertahan dan memiliki daya saing dari produk lain yang serupa. Desain kemasan memiliki peran penting dalam pemasaran produk karena menggambarkan wajah dari produk itu sendiri. Pengembangan kemasan produk di usaha kecil dan menengah Batik Sujo bertujuan untuk megembangkan kemasan produk Batik Sujo sehingga lebih baik dan lebih menarik. Metode yang digunakan melibatkan beberapa tahapan-tahapan sebagai berikut: Observasi dan wawancara serta tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian berupa sosialisasi Program Kegiatan, Tindak Lanjut Program Kegiatan, dan Tahap Evaluasi. Kegiatan pengembangan kemasan produk telah memberikan perubahan dan pembaharuan yang sangat signifikan bagi kemasan, terutama dari bahan kemasan yang terbuat dari kardus dengan didesain khusus sehingga tidak hanya membuat lebih menarik namun didalam kemasan juga diberikan berbagai informasi yang sangat dibutuhkan konsumen, berupa informasi lokasi produksi serta informasi pemesanan. Berdasarkan kondisi tersebut, membuat pengemasan produk Batik Sujo menjadi lebih baik dan memiliki daya saing tinggi.References
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Jurnal Sosio e-kons. 10(1), 20-27.
Darajat, T. M., & Siregar, J. H. (2021). Pendampingan Desain Kemasan bagi Warga Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 1(1), 1-8.
Erlyana, Y. (2019). Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model VIEW: Studi Kasus Keripik Maicih. In Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA). 2, 302–308
Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2012). Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf (2nd ed.). New Jersey: Wiley
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Muljani, N., Arini, A., Suhartatik, A., Lindawati, T., & Nagel, P. J. F. (2020). Pentingnya Merek Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dari Usaha Mikro Dan Kecil. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2), 53-64.
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif, Reseach Repository UIN Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/.
Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan Kemasan Dupa Yang Ekonomis Dan Ramah Lingkungan. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri. 5(4), 1808-1817.
Subali, M. A. P., Sugiartha, I. G. R. A., & Akbar, A. F. (2020). Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Produksi Kerupuk Basa di Desa Jegu, Kabupaten Tabanan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(4), 730–736.
Szaky, T. (2018). The Future of Packaging: From Linear to Circular. Oakland: BerrettKoehler Publishers.
Thoha, M. C. (2005). Teknik Evaluasi Pendidikan. PT. raja Grafindo: Jakarta
Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-25 (2)
- 2022-02-19 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Didik Hariyanto, Ahmad Zaki Azzuhairi, Agung Winarno, Agus Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.