UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG RISET DAN PUBLIKASI PADA TENAGA PENGAJAR DI PERGURUAN TINGGI MELALUI SEMINAR UMUM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30327Keywords:
Tridharma, Riset, Dosen, Publikasi, ProduktifAbstract
Peningkatan kualitas pendidikan tinggi sangat berdampak terhadap kualitas proses pengajaran dan kualitas dari lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Kualitas pendidikan tinggi tidak lepas dari kapasitas dan kemampuan dari tenaga pengajar, yakni dosen dalam terus mengasah dan meningkatkan kemampuannya. Seorang dosen memiliki kewajiban tridharma pendidikan tinggi yang akan selalu mengikat menjadi beban kerja bagi dosen tersebut. Sering kali dosen hanya berpikir bahwa kinerjanya ditentukan dari kualitas pengajaran yang ia berikan pada mahasiswa ketika mengajar di kelas atau kualitas penyampaian materi ketika ia diundang sebagai narasumber atau fasilitator pada seminar umum atau pelatihan yang diadakan baik itu oleh kampus atau lembaga eksternal lainnya. Namun kualitas dari riset yang dihasilkan si dosen sangat berpengaruh terhadap kualitas materi ajar yang ia sampaikan di kelas. Akan terjadi pengayaan dan tercipta bobot ajar yang mumpuni ketika dosen mengkombinasikan hasil dari kebaharuan risetnya dengan materi ajar teoritis. Pada tanggal 25 Mei 2024 diadakan seminar Pengabdian Masyarakat dengan judul “Produktif Publikasi Bagi Dosen”. Seminar mengupas tuntas tips dan trik serta strategi bagaimana agar seorang dosen ditengah kesibukannya dalam mengajar dan mengurusi beban adimnistrasi kampus, masih tetap dapat mengelola waktunya dengan baik untuk melakukan riset dan publikasi. Seminar juga membahas bagaimana hasil riset dan publikasi tidak hanya berdampak bagi kenaikan pangkat kedosenan atau pengurusan BKD (Beban Kerja Dosen) namun juga berdampak terhadap perluasan wawasan dan peningkatan mutu bahan ajar yang akhirnya dirasakan oleh mahasiswa dan berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan tinggi.References
Mohzana, M. (2023). Process Management and Approaches in Blended Learning-Based Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 200-211.
Amin, L. Y., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Memperkuat Kemampuan Siswa melalui Model Problem Based Learning dalam Menulis Teks Diskusi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 295-310.
Mohzana, M., Arifin, M., Pranawukir, I., Mahardhani, A. J., & Hariyadi, A. (2024). Quality Assurance System in Improving the Quality of Education in Schools. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).
Meriyanti, M., Pratiwi, R. H., Gresinta, E., & Sulistyaniningsih, E. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp terhadap mata pelajaran ipa melalui penggunaan media google classroom. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 226-232.
Pratiwi, R. H., Suistyaningsih, E., & Septianzah, K. (2019). Aplikasi Chem Draw sebagai Media Inovasi Guru dalam Pengajaran IPA Terpadu. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 38-43.
Mohzana, M., Murcahyanto, H., & Haritani, H. (2024). The Effectiveness of Online Learning on the Level of Understanding of International Course Material. IJE: Interdisciplinary Journal of Education, 2(1), 1-11.
Rakhman, F., Agusti, A., Surur, M., Wiranata, R., & Wahyudi, W. (2023). Analysis of Principals’ Leadership Strategies in Improving Teacher Performance and Organizational Culture. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1128-1134.
Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M., Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F. (2022). TRAINING MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS THINKING SMART GAME PADA SISWA MI MULTIPLE SARINA. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 62-68.
Rakhman, F., & Surur, M. (2024). Analysis of Constraints on the Implementation of the Independent Curriculum in PAUD Level Mobilizing Schools in Situbondo District. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 361-370.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohzana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.