PELATIHAN PODCAST MAHASISWA SEBAGAI BAGIAN VARIASI MENGAJAR DOSEN SERTA MENAMBAH KEMAMPUAN DIGITAL MAHASISWA

Authors

  • Meiske Lasut Universitas Negeri Manado
  • Magfira Satya Apada Universitas Hasanuddin
  • Sufitriyono Sufitriyono Universitas Negeri Makasar
  • Romi Mesra Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30014

Keywords:

Podcast Mahasiswa, Variasi Mengajar, Dosen, Kemampuan Digital

Abstract

  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan podcast kepada mahasiswa dan dosen sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan digital mahasiswa serta memperkaya variasi metode pengajaran dosen. Melalui pelatihan ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dalam memproduksi dan mengelola konten audio/podcast, sementara dosen dapat mengintegrasikan podcast ke dalam metode pengajaran mereka. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, presentasi, praktik produksi podcast, sesi bimbingan dan evaluasi, diskusi panel dengan narasumber, serta penyusunan rencana tindak lanjut. Peserta dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari mahasiswa dan dosen. Setiap kelompok ditugaskan untuk memproduksi sebuah episode podcast dengan topik terkait mata kuliah tertentu. Proses produksi meliputi penentuan topik, penelitian materi, penulisan skrip, perekaman, pengeditan, dan finalisasi. Dosen bertindak sebagai pembimbing dan memberikan arahan kepada mahasiswa selama proses produksi. Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada mahasiswa dan dosen dalam memproduksi podcast berkualitas untuk tujuan pendidikan. Mahasiswa menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menggunakan teknologi digital untuk menghasilkan konten audio yang menarik dan relevan dengan materi kuliah. Sementara itu, dosen mendapatkan wawasan baru mengenai variasi metode mengajar yang dapat diterapkan di kelas melalui pemanfaatan podcast. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta merasa lebih percaya diri dalam memproduksi podcast dan berencana untuk mengintegrasikannya dalam proses belajar mengajar di masa depan.

References

Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan podcast sebagai media suplemen pembelajaran berbasis digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 11.

Lasut, M., Sidik, S., Santie, Y. D. A., Hasrin, A., Salem, V. E. T., & Mesra, R. (2024). Pelatihan Penulisan Book Chapter Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Manado. BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 86–96.

Mesra. dkk. (2021). The Phenomenon of Student Life Who is Studying While Working in the City of Padang. International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021), 603(Icss), 319–325.

Mesra, R. (2022). Implementation of Online Learning Via YouTube Media in Unima Sociological Education Study Program. 01021.

Mesra, R., & Anton, E. E. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dan Turnitin Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah di SMA Negeri 1 Tondano. Abdi Masyarakat, 5(1).

Mesra, R., Pratiwi, D., Handayani, R., Wiguna, I. B. A. A., Suyitno, M., Sampe, F., Halim, F. A., Saptadi, N. T. S., Purwati, H., & Ridhani, J. (2023). Teknologi Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Mesra, R., Tuerah, P. R., & Hidayat, M. F. (2023). Strategi Guru dalam Menjelaskan Materi guna Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran Siswa di SD Inpres Taratara 1. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(3), 723–736.

Mesra, R., Waldi, A., Wijaya, W., & Melia, Y. (2022). Perilaku Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNIMA Ketika Pembelajaran Online. 8(3), 2056–2067. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3586/http

Mesra, R., Yandi, R., Walintukan, V. G., & Mangangantung, M. A. (2023). Teacher Skills to Provide GMIM Ranoketang Elementary Students’ Reinforcement. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(5), 1238–1246.

Rahmawati, I., Paksi, H. P., Istianah, F., & Setiawan, R. (2024). Pelatihan Retorika untuk Guru Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Podcast. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 183–190.

Romi Mesra, Theodorus Pangalila, Abzan Laebe, Risal, N. R. (2023). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menutup Pembelajaran Guna Mencapai Tujuan Pembelajaran dan Membentuk Karakter Siswa di SD Inpres Kema III. 7(1), 28–36.

Ruchliyadi, D. A., Nugroho, D. A., Akbar, A., & Mursidah, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Podcast Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Anchor. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 683–693.

Saepudin, A., Amatullah, S. Z., & Rahmawati, U. (2021). Penguatan Kompetensi Tutor Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Melalui Pelatihan Literasi Digita.

Santie, Y. D. A., & Mesra, R. (2022). Manajemen Kelas Dosen Pendidikan Sosiologi Unima dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1039. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.958

Widya Pramesti, R. M. (2024). Transformasi Identitas Sosial Era DigitalAnalisis Interaksi Manusia Dalam Pengaruh Media Sosial di LingkunganTB Samson Kabupaten Seputih Agung, Lampung Tengah. ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL), 1(3), 160–167. https://naluriedukasi.com/index.php/eticjournal/article/view/17

Zulhazmi, A. Z., Nurkhasanah, A., Destariyadi, R. E., & Wiyono, A. (2022). Pelatihan Produksi Podcast bagi Siswa Madrasah. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–94.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Lasut, M. ., Apada, M. S. ., Sufitriyono, S. ., & Mesra, R. . (2024). PELATIHAN PODCAST MAHASISWA SEBAGAI BAGIAN VARIASI MENGAJAR DOSEN SERTA MENAMBAH KEMAMPUAN DIGITAL MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5392–5402. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30014

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.