TRAINING TO IMPROVE TEACHERS' ABILITY TO COMPILE SCIENTIFIC PAPERS AT SD ISLAM AL-KARIMAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30291Keywords:
Pelatihan, Peningkatan, Karya IlmiahAbstract
PKM ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik dalam menghasilkan karya akademik di SD Islam Al-Karimah. Intervensi tersebut melibatkan program keterlibatan masyarakat yang berfokus pada peningkatan keterampilan pendidik dalam menyusun makalah akademik untuk fakultas di Sekolah Dasar Islam Al-Karimah, yang terletak di Desa Bodak, Kecamatan Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Langkah-langkah prosedural meliputi: (1) melakukan pertemuan dengan para pendidik SD Islam Al-Karimah, (2) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh para pendidik, (3) merancang strategi untuk mengatasi tantangan dan hambatan ini, dan (4) menguraikan agenda untuk sesi pelatihan. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, memanfaatkan berbagai metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, tinjauan dokumentasi, dan kuesioner yang menggabungkan pertanyaan terbuka atau deskriptif melalui Google Forms. Hasil dari usaha PKM yang dilakukan menunjukkan efektivitas bantuan yang diberikan oleh tim proyek kepada para pendidik di SD Islam Al-Karimah. Temuan dari publikasi penelitian akademis mengungkapkan tingkat pencapaian 85% dalam memenuhi tujuan yang ditetapkan.Downloads
Published
2024-07-28
How to Cite
Aflaha, D. S. I. ., Handayani, S. ., Husna, N. ., Pertiwi, S. ., & Solihah, F. (2024). TRAINING TO IMPROVE TEACHERS’ ABILITY TO COMPILE SCIENTIFIC PAPERS AT SD ISLAM AL-KARIMAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7079–7084. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30291
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Dwi Sari Ida Aflaha, Suci Handayani, Nurul Husna, Santhi Pertiwi, Fatimatus Solihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.