LITERASI DIGITAL KOMUNITAS SEKOLAH MELALUI ANIMASI 3 D TOUR UNTUK MENCIPTAKAN MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF

Authors

  • Gatut Priyowidodo UK Petra

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29517

Keywords:

Animasi 3D, Komunitas Sekolah, Literasi Digital, Model Komunikasi, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Di era pendidikan modern, literasi digital telah menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki siswa  Untuk itu literasi digital dengan mengoptimalkan berbagai jenis aplikasi yang tersedia secara open source sangatlah penting dilaksanakan.  Namun demikian, masih banyak komunitas khusunya di lingkungan pendidikan menengah yang belum mengoptimalkan secara kreatif fasilitas yang ada itu untuk peningkat ketrampilan proses belajar mengajar yang lebih inovatif dan kreatif. Oleh sebab itu perlu dilakukan kegiatan edukasi dan pelatihan guna meningkatkan kemampuan baik para siswa maupun tenaga pengajarnya. Adapun tujuan kegiatan literasi digital komunitas sekolah  melalui  animasi 3 D tour adalah untuk meningkatkan ketrampilan dan model komunikasi pembelajaran yang interaktif.   Metode kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan para siswa-siswi SMA dan juga guru-guru selaku pendamping kegiatan. Mekanisme pelaksanan adalah pelatihan pembuatan aplikasi animasi 3 D tour beserta praktiknya. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat positif dalam meningkatkan pemahaman dan ketrampilan para siswa mengenai model pembelajatran interaktif melalui optimalisasi anmisi 3 D di kalangan siswa SMA. Selain itu juga memberikan wawasan berharga mengenai potensi animasi 3D  tour sebagai alat untuk mempromosikan literasi digital dan komunikasi interaktif dalam lingkungan pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Priyowidodo, G. . (2024). LITERASI DIGITAL KOMUNITAS SEKOLAH MELALUI ANIMASI 3 D TOUR UNTUK MENCIPTAKAN MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4993–5001. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29517